RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran Kombinasi Luring dan Daring
Sekolah                       : SMP Negeri 1 Mempawah Timur
Penyusun                    : Dian Tri Lestari, S.Pd.
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : IX
Tahun Pelajaran        : 2020-2021


A.     Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Menguraikan informasi (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil) dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1  Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

  1. Menguraikan informasi dari laporan percobaan terkait tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.
  2. Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca

C.     Tujuan Pembelajaran      
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
  1. menentukan tujuan laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) dengan cermat dan bertanggung jawab,
  2. menguraikan informasi dari laporan percobaan terkait tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) dengan cermat dan jujur, dan
  3.  menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca dengan tepat dan jujur.
D.      Langkah-LangkahPembelajaran
  1. Guru mengirimkan sebuah link Youtube percobaan sains sederhana lewat WAG https://www.youtube.com/watch?v=V72byKyMvKQ2.
  2. Guru melakukan tanya jawab lewat Zoom terkait video yang diberikan guna menggali pengetahuan siswa tentang percobaan yang dilakukan, seperti, bahan apakah yang akan diuji?, alat-alat apa sajakah yang digunakan?, dan apakah tujuan percobaan tersebut?.
  3. Jika Zoom tidak dapat dilakukan, pertanyaan apersepsi dan link pada apersepsi disertakan di dalam LKPD.
  4. Peserta didik menyimak penjelasan guru lewat Zoom/materi yang dikirim melalui https://ditriles.blogspot.com/2020/07/materi-dan-lkpd-kelas-ix-pertemuan.html (via WAG)  terkait penyimpulan teks laporan hasil percobaan. Khusus luring, materi disertakan di dalam LKPD.
  5. Guru mengirimkan LK melalui WAG (link google form) dan/atau LKPD luring.
  6. Peserta didik mengerjakan tugas dan dikumpulkan via google form atau LKPD luring
  7. Guru memberikan penguatan hasil diskusi lewat WAG kelas.
  8. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja mandiri.
  9. Guru memberikan penugasan selama BdR agar peserta didik melihat video laporan percobaan yang dilakukan oleh alumni SMP 1 Mempawah Timur dalam bentuk link youtube. Tugas ini akan dijadikan media pembelajaran untuk LKPD selanjutnya. 
  10. Peserta didik menuliskan refleksi kegiatan pembelajaran di google form atau LKPD luring
E.    Penilaian Hasil Pembelajaran
  1. Penilaian Pengetahuan: Penilaian online/google form tentang informasi teks laporan percobaan (tujuan, alat bahan, langkah, hasil dan penjelasannya).
  2. Penilaian Keterampilan : LK di google form atau LKPD luring
    tentang simpulan teks laporan percobaan dan bagan skema memahami teks percobaan
  3. Penilaian Sikap : Respon positif, kejujuran, dan tanggung jawab peserta didik mengisi LKPD atau google form.


Mengetahui,                                                                                        Mempawah,                          
Kepala SMPN 1 Mempawah Timur                                                    Guru mata pelajaran



Rabiyah, S.Pd., M.Pd.                                                                        Dian Tri Lestari, S.Pd.
NIP 197103102002122002                                                                 NIP 19870314 2010012014


Lampiran

A.            Penilaian Sikap

No.
Hari, Tanggal
Nama
Kelas
Catatan Perilaku
Butir sikap
Tindak Lanjut
1
Kamis,
24 Juli 2020


Mengerjakan seluruh rangkaian tugas dan mengerjakan tugas secara jujur
Jujur dan tanggung jawab
Diberi pujian dan ucapan terima kasih

B.            Penilaian Pengetahuan
1.             Kisi-kisi tes tulis
KISI-KISI SOAL

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
3.1

Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1.1        Menentukan tujuan dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan)
IX/1
Disajikan teks laporan percobaan, siswa menentukan tujuan laporan pecobaan tersebut.
C4
PG
4.1.2        Menguraikan informasi dari laporan percobaan terkait tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
IX/1
Disajikan teks laporan percobaan, siswa menentukan informasi laporan pecobaan tersebut.
C4
Uraian



2.             Butir soal
Terlampir dalam LKPD

C.     Penilaian Keterampilan
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
4.1

Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.1.1        Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca dengan cermat dan bertanggung jawab.
IX/1
Disajikan teks laporan, siswa menyimpulkan isi teks laporan percobaan.
C4
Produk


D.     Pedoman Penskoran
PENILAIAN INDIKATORSKORTOTAL
PENGETAHUANMenguraikan informasi dalam teks percobaan secara lengkap (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil) dengan tepat.100100
Salah atau tidak mampu menguraikan salah satu dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil).90
Salah atau tidak mampu menguraikan dua dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil).80
Salah atau tidak mampu menguraikan tiga dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil).60
Tidak mampu menguraikan seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil).55
KETERAMPILANSimpulan sesuai dengan isi teks percobaan dan terdiri atas satu kalimat efektif.8080
Simpulan sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif.75
Sebagian kecil simpulan tidak sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif.20
Sebagian besar simpulan tidak sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif.10
Simpulan tidak sesuai teks percobaan5
KETERAMPILANMembuat bagan skema dengan menarik dan mudah dibaca2020
Membuat bagan skema dengan menarik, namun tidak sistematis10
Tidak membuat bagan skema0







LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
KOMBINASI LURING DAN DARING

Sekolah                      : SMP Negeri 1 Mempawah Timur
Penyusun                   : Dian Tri Lestari, S.Pd.
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas                          : IXB
Tahun Pelajaran       : 2020-2021

A.     Kompetensi Dasar
3.3  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
3.4  Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Bagaimana kabar kalian?
Silakan tulis nama kalian di bawah ini.
NAMA             :
KELAS            :

Berikutnya, kamu akan bekerja sama secara berkelompok. Tulislah nama anggota kelompokmu!
NAMA ANGGGOTA KELOMPOK:
  1.  
  2.   

B.     Materi
1.      Hakikat Teks Percobaan
Pernahkah kalian melihat tayangan di televisi tentang cara membuat masakan? Atau pernahkah melihat tutorial kerajinan, misalnya di https://www.youtube.com/watch?v=UnNZYfmuobc?
Apa yang kamu tonton adalah salah satu bentuk percobaan. Dalam Bahasa Indonesia, kamu diharuskan untuk mengetahui tujuan dan informasi di dalam video dan/teks percobaan.

Apa itu teks percobaan? Teks percobaan adalah teks yang berisi tata cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu. Contoh teks percobaan, perhatikan gambar berikut!
Ciri Teks Laporan Percobaan

 


2.   


          Tujuan Teks Percobaan
Dalam membuat percobaan, tentunya kita harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Tidak mungkin kamu membuat tutorial melakukan sesuatu tanpa alasan. Jika melihat gambar di atas, maka tujuan teks percobaan tersebut adalah untuk membuat bros dengan harga yang lebih murah.
Cek tujuannya di sini!



3.      Informasi Teks Percobaan
Informasi dalam teks percobaan terdiri atas:
  1.  Tujuan
  2. Alat dan bahan
  3. Langkah Kegiatan
  4. Hasil
  5. Simpulan

Nah, perhatikan video percobaan dalam https://www.youtube.com/watch?v=V72byKyMvKQ2 (kemudian isi pertanyaan di (link pertanyaan di google form segera dibuat)  atau teks percobaan berikut!

      

4.      Simpulan Teks Percobaan
Dalam menentukan simpulan, ada dua langkah mudah:
  1. Tulis saja jika tujuan teks percobaan sudah tersedia di dalam teks atau disampaikan di dalam video, atau
  2. Jika tidak tersedia, maka kamu harus memahami tujuan di dalam percobaan tersebut. Misalnya teks resep membuat nasi goreng. Maka, simpulan teks percobaan tersebut misalnya “dengan menggunakan bahan sederhana dan mudah didapatkan, kita dapat membuat nasi goreng yang enak.”

C.     Lembar Kerja Inti
Kerjakan tugas berdasarkan kemudahan kalian dalam membuat tugas. Silakan pilih menggunakan metode daring atau luring.

KHUSUS DARING
Petunjuk:
1.      Perhatikan video percobaan berikut di http://ditriles.blogspot.com/ 
2.      Isi jawaban kamu di (link pertanyaan di google form akan segera tersedia).

KHUSUS LURING
Petunjuk:
1.      Cermati teks percobaan berikut! 

Teks Laporan Percobaan Tentang Tanaman Hidroponik
Tanaman yang satu ini akhir-akhir ini menjadi populer. Padahal tanaman ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun yang baru dari tanaman ini adalah siapa saja dapat membuat tanaman ini bahkan hanya memanfaatkan halaman maupun pekarangan juga bisa. Berikut laporan menanam hidroponik di pekarangan rumah.
Judul Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Alat Sederhana
Tujuan :
Di zaman yang semakin canggih ini kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk makanan sehari-hari.
Bahan-bahan Yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
  • I botol air mineral
  • Kemudian sediakan alat pemotong
  • Kain flanel atau sumbu kompor
  • Solder untuk melubangi
  • Serta siapkan air nutrisi
  • Talang, Pipa serta pompa air
Langkah Pembuatan dengan Percobaan I
  1. Potonglah botol air mineral yang telah disediakan terlebih dahulu menjadi 2 bagian.
  2. Lalu lubangi tutup botolnya.
  3. berikutnya moncong botol diarahkan menghadap ke bawah lalu gabungkan dengan bagian botol yang satu bagian tadi.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor yang telah disiapkan tadi dipasangkan ke lubang tutup botol, aturlah dan pastikan kalau sumbu dapat menyerap air nutrisi.
  5. Setelah itu bibit tanaman dapat ditanamkan di bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  6. Dan bagian botol yang bawah diisi dengan air nutrisi
Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan percobaan ke II
  1. langkah kedua ini diawali dengan menyiapkan talang, atau pipa serta pompa
  2. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama antara yang satu dengan yang lainnya
  3. Susunlah talang atau pipa tadi sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan untuk dijadikan tanaman hidroponik ini.
  4. Siapkan penampung yang lebih rendah pada ujung pipa
  5. lalu pasang pompa untuk dapat mengalirkan alir dengan sempurna dan maksimal.
Hasil Percobaan I
Dengan bahan sederhana tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari

Hasil percobaan II
Tanaman dengan cara kedua ini tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.

Kesimpulanya
Antara percobaan I dan II semua tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa. Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.
Beberapa contoh  teks laporan percobaan diatas adalah salah satu dari banyaknya eksperimen dan percobaan yang dilakukan dalam dunia pendidikan, masyarakat maupun dalam ruang seni dan kreatifitas. Pada intinya laporan percobaan harus menunjukkan hasil dari perilaku yang langsung dilakukan pada kajian dan eksperimen tertentu. Sehingga hasil percobaan dapat dijadikan dasar untuk membuatnya kembali atau mencontoh teknik tersebut. Laporan percobaan seperti ini sangatlah penting untuk perkembangan dunia pendidikan dan dunia penelitian. 

Sumber teks: https://www.romadecade.org/contoh-teks-laporan-percobaan/#! 

2.      Tentukan informasi dalam teks percobaan tersebut! 
3.      Simpulkan teks percobaan tersebut!

JIKA KAMU INGIN MENDAPATKAN NILAI LEBIH, BAIK YANG LURING ATAU DARING, SILAKAN SERTAI JAWABAN KAMU DENGAN MEMBUAT BAGAN SKEMA SEPERTI PADA GAMBAR PADA BAHAN AJAR DI ATAS. BAGAN SKEMA TERDIRI  ATAS:
  1.  Tulis ulang teks percobaan!
  2. Beri arah panah untuk semua informasi teks percobaan!
  3. Lengkapi dengan simpulan!
  4. Gunakan kertas origami, kertas bekas, dll, untuk mempercantik tampilan bagan skemamu!

BUATLAH BAGAN SKEMAMU SEMENARIK MUNGKIN DALAM KERTAS KARTON. Serahkan dua pekan dari sekarang (baik luring maupun daring). Khusus daring, kamu dapat menyerahkan foto bagan skema kamu melalui WAG atau ke surel ditriles@gmail.com.

D.     Lembar Kerja Tugas Terstruktur
Petunjuk:
  1.  Kerjakan tugas ini secara berkelompok! Jangan lupa tulis nama kelompok di bagian atas LKPD atau melalui google form (jika secara daring).
  2. Saksikan video dalam salah satu link berikut! Pilih salah satu video saja!
  3. Catatlah seluruh informasi dalam percobaan tersebut kemudian simpan untuk kita gunakan sebagai bahan pembelajaran selanjutnya!
E.     Lembar Penilaian Sikap
Petunjuk:
  1. Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
  2. Khusus luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang tua/wali!
  3. Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
  4. Khusus luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang tua/wali! Centang ke kolom YA atau TIDAK! Gunting lembar penilaian ini hingga batas akhir, kemudian tempel di bagian belakang bagan skema.
No.
Penilaian
Indikator
Ya
Tidak
1.
Kejujuran
Apakah kamu mengerjakan tugas ini tanpa meniru pekerjaan temanmu yang lain?


Apakah orang tuamu memastikan kamu menyelesaikan seluruh tugasmu tanpa dikerjakan sama sekali oleh orang tua?


Apakah orang tuamu membimbing kamu selama mengerjakan tugas?


2.
Tanggung Jawab
Apakah kamu segera mengerjakan tugas ketika LKPD sudah kamu terima?


Apakah kamu sudah mendapatkan kelompok belajar?


Apakah kamu berbagi tugas bersama kelompok?



Jawablah penilaian diri ini dengan jujur.

Mempawah, ……… Juli 2020
Mengetahui Orang Tua/Wali,



………………………………







 

KOMENTAR ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK KETIKA MENGERJAKAN TUGAS INI
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..


BAGAIMANA TANGGAPAN IBU MENGENAI TUGAS INI? APAKAH MEMBUAT ANAK IBU MUDAH MEMAHAMI ATAU SEMAKIN SULIT MEMAHAMI MATERI?
……………………………………

BERIKAN SAYA SARAN JIKA ANAK BAPAK/IBU SULIT MEMAHAMI MATERI DAN TUGAS
……………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019