RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran Kombinasi Luring dan Daring
Sekolah : SMP Negeri 1 Mempawah Timur
Penyusun : Dian Tri Lestari, S.Pd.
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas :
IX
Tahun Pelajaran : 2020-2021
A.
Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dari
laporan percobaan yang dibaca dan didengar
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan, dll)
|
Menguraikan informasi (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil) dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) |
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik dapat:
- menentukan tujuan laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) dengan cermat dan bertanggung jawab,
- menguraikan informasi dari laporan percobaan terkait tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) dengan cermat dan jujur, dan
- menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca dengan tepat dan jujur.
D. Langkah-LangkahPembelajaran
- Guru mengirimkan sebuah link Youtube percobaan sains sederhana lewat WAG https://www.youtube.com/watch?v=V72byKyMvKQ2.
- Guru melakukan tanya jawab lewat Zoom terkait video yang diberikan guna menggali pengetahuan siswa tentang percobaan yang dilakukan, seperti, bahan apakah yang akan diuji?, alat-alat apa sajakah yang digunakan?, dan apakah tujuan percobaan tersebut?.
- Jika Zoom tidak dapat dilakukan, pertanyaan apersepsi dan link pada apersepsi disertakan di dalam LKPD.
- Peserta didik menyimak penjelasan guru lewat Zoom/materi yang dikirim melalui https://ditriles.blogspot.com/2020/07/materi-dan-lkpd-kelas-ix-pertemuan.html (via WAG) terkait penyimpulan teks laporan hasil percobaan. Khusus luring, materi disertakan di dalam LKPD.
- Guru mengirimkan LK melalui WAG (link google form) dan/atau LKPD luring.
- Peserta didik mengerjakan tugas dan dikumpulkan via google form atau LKPD luring
- Guru memberikan penguatan hasil diskusi lewat WAG kelas.
- Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja mandiri.
- Guru memberikan penugasan selama BdR agar peserta didik melihat video laporan percobaan yang dilakukan oleh alumni SMP 1 Mempawah Timur dalam bentuk link youtube. Tugas ini akan dijadikan media pembelajaran untuk LKPD selanjutnya.
- Peserta didik menuliskan refleksi kegiatan pembelajaran di google form atau LKPD luring
E. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan: Penilaian online/google form tentang informasi teks laporan percobaan (tujuan, alat bahan, langkah, hasil dan penjelasannya).
- Penilaian Keterampilan : LK di google form atau
LKPD luring
tentang simpulan teks laporan percobaan dan bagan skema memahami teks percobaan - Penilaian Sikap : Respon positif, kejujuran, dan tanggung jawab peserta didik mengisi LKPD atau google form.
Mengetahui, Mempawah,
Kepala SMPN 1 Mempawah Timur Guru
mata pelajaran
Rabiyah, S.Pd., M.Pd. Dian
Tri Lestari, S.Pd.
NIP 197103102002122002 NIP
19870314 2010012014
Lampiran
A.
Penilaian Sikap
No.
|
Hari,
Tanggal
|
Nama
|
Kelas
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
sikap
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
Kamis,
24 Juli 2020
|
Mengerjakan seluruh rangkaian tugas dan mengerjakan tugas secara
jujur
|
Jujur dan tanggung jawab
|
Diberi
pujian dan ucapan terima kasih
|
B.
Penilaian Pengetahuan
1.
Kisi-kisi tes tulis
KISI-KISI SOAL
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
3.1
|
Mengidentifikasi informasi dari
laporan percobaan yang dibaca dan didengar
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan, dll).
|
4.1.1
Menentukan tujuan dari laporan percobaan yang
dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk
mendeteksi zat berbahaya pada makanan)
|
IX/1
|
Disajikan teks laporan percobaan, siswa menentukan tujuan
laporan pecobaan tersebut.
|
C4
|
PG
|
4.1.2
Menguraikan
informasi dari
laporan percobaan terkait tujuan, bahan/ alat, langkah, dan
hasil (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada
makanan, dll)
|
IX/1
|
Disajikan teks laporan
percobaan, siswa menentukan informasi laporan pecobaan tersebut.
|
C4
|
Uraian
|
2.
Butir soal
Terlampir dalam LKPD
C. Penilaian Keterampilan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
4.1
|
Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
4.1.1
Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang dibaca dengan cermat dan bertanggung
jawab.
|
IX/1
|
Disajikan
teks laporan, siswa menyimpulkan isi teks laporan percobaan.
|
C4
|
Produk
|
D. Pedoman Penskoran
PENILAIAN | INDIKATOR | SKOR | TOTAL |
PENGETAHUAN | Menguraikan informasi dalam teks percobaan secara lengkap (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil) dengan tepat. | 100 | 100 |
Salah atau tidak mampu menguraikan salah satu dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil). | 90 | ||
Salah atau tidak mampu menguraikan dua dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil). | 80 | ||
Salah atau tidak mampu menguraikan tiga dari seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil). | 60 | ||
Tidak mampu menguraikan seluruh informasi teks percobaan yang diharapkan (tujuan, alat dan bahan, langkah, dan hasil). | 55 | ||
KETERAMPILAN | Simpulan sesuai dengan isi teks percobaan dan terdiri atas satu kalimat efektif. | 80 | 80 |
Simpulan sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif. | 75 | ||
Sebagian kecil simpulan tidak sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif. | 20 | ||
Sebagian besar simpulan tidak sesuai dengan isi teks percobaan namun tidak menggunakan kalimat efektif. | 10 | ||
Simpulan tidak sesuai teks percobaan | 5 | ||
KETERAMPILAN | Membuat bagan skema dengan menarik dan mudah dibaca | 20 | 20 |
Membuat bagan skema dengan menarik, namun tidak sistematis | 10 | ||
Tidak membuat bagan skema | 0 |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
KOMBINASI LURING DAN DARING
Sekolah : SMP
Negeri
1 Mempawah Timur
Penyusun : Dian Tri Lestari, S.Pd.
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : IXB
Tahun Pelajaran : 2020-2021
A.
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi dari
laporan percobaan yang dibaca dan didengar
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
3.4 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Bagaimana kabar kalian?
Silakan tulis nama kalian di
bawah ini.
NAMA :
KELAS :
Berikutnya, kamu akan
bekerja sama secara berkelompok. Tulislah nama anggota kelompokmu!
NAMA ANGGGOTA KELOMPOK:
B. Materi
1. Hakikat
Teks Percobaan
Pernahkah kalian melihat
tayangan di televisi tentang cara membuat masakan? Atau pernahkah melihat
tutorial kerajinan, misalnya di https://www.youtube.com/watch?v=UnNZYfmuobc?
Apa yang kamu tonton adalah salah satu bentuk
percobaan. Dalam Bahasa Indonesia, kamu diharuskan untuk mengetahui tujuan dan
informasi di dalam video dan/teks percobaan.
Apa itu teks percobaan? Teks percobaan adalah
teks yang berisi tata cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu. Contoh teks
percobaan, perhatikan gambar berikut!
|
2.
Tujuan
Teks Percobaan
Dalam membuat percobaan,
tentunya kita harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Tidak mungkin kamu
membuat tutorial melakukan sesuatu tanpa alasan. Jika melihat gambar di atas,
maka tujuan teks percobaan tersebut adalah untuk membuat bros dengan harga yang
lebih murah.
Cek tujuannya di sini!
3. Informasi
Teks Percobaan
Informasi dalam teks
percobaan terdiri atas:
- Tujuan
- Alat dan bahan
- Langkah Kegiatan
- Hasil
- Simpulan
Nah, perhatikan video
percobaan dalam https://www.youtube.com/watch?v=V72byKyMvKQ2
(kemudian isi pertanyaan di (link pertanyaan di google form segera dibuat) atau teks percobaan berikut!
4. Simpulan
Teks Percobaan
Dalam menentukan simpulan,
ada dua langkah mudah:
- Tulis saja jika tujuan teks percobaan sudah tersedia di dalam teks atau disampaikan di dalam video, atau
- Jika tidak tersedia, maka kamu harus memahami tujuan di dalam percobaan tersebut. Misalnya teks resep membuat nasi goreng. Maka, simpulan teks percobaan tersebut misalnya “dengan menggunakan bahan sederhana dan mudah didapatkan, kita dapat membuat nasi goreng yang enak.”
C. Lembar Kerja Inti
Kerjakan tugas berdasarkan kemudahan kalian dalam
membuat tugas. Silakan pilih menggunakan metode daring atau luring.
KHUSUS DARING
Petunjuk:
1. Perhatikan
video percobaan berikut di http://ditriles.blogspot.com/ 2. Isi jawaban kamu di (link pertanyaan di google form akan segera tersedia).
KHUSUS LURING
Petunjuk:
1.
Cermati teks percobaan berikut!
Teks Laporan Percobaan
Tentang Tanaman Hidroponik
Tanaman yang satu ini akhir-akhir
ini menjadi populer. Padahal tanaman ini sebenarnya bukanlah hal yang baru.
Namun yang baru dari tanaman ini adalah siapa saja dapat membuat tanaman ini
bahkan hanya memanfaatkan halaman maupun pekarangan juga bisa. Berikut
laporan menanam hidroponik di pekarangan rumah.
Judul Menanam Tanaman Hidroponik
Dengan Alat Sederhana
Tujuan :
Di zaman yang semakin canggih ini
kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia
serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak
berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk
makanan sehari-hari.
Bahan-bahan Yang harus dilengkapi
adalah sebagai berikut:
Langkah Pembuatan dengan Percobaan
I
Langkah berikutnya adalah dengan
menggunakan percobaan ke II
Hasil Percobaan I
Dengan bahan sederhana tanaman
hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep
percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga
sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari
Hasil percobaan II
Tanaman dengan cara kedua ini
tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat
sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman
hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan
nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.
Kesimpulanya
Antara percobaan I dan II semua
tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan
I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa.
Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.
Beberapa contoh teks laporan
percobaan diatas adalah salah satu dari banyaknya eksperimen dan percobaan
yang dilakukan dalam dunia pendidikan, masyarakat maupun dalam ruang seni dan
kreatifitas. Pada intinya laporan percobaan harus menunjukkan hasil dari
perilaku yang langsung dilakukan pada kajian dan eksperimen tertentu.
Sehingga hasil percobaan dapat dijadikan dasar untuk membuatnya kembali atau
mencontoh teknik tersebut. Laporan percobaan seperti ini sangatlah penting
untuk perkembangan dunia pendidikan dan dunia penelitian.
Sumber teks: https://www.romadecade.org/contoh-teks-laporan-percobaan/#!
|
2. Tentukan informasi dalam teks percobaan tersebut!
3. Simpulkan teks percobaan tersebut!
JIKA KAMU INGIN MENDAPATKAN NILAI LEBIH, BAIK YANG
LURING ATAU DARING, SILAKAN SERTAI JAWABAN KAMU DENGAN MEMBUAT BAGAN SKEMA
SEPERTI PADA GAMBAR PADA BAHAN AJAR DI ATAS. BAGAN SKEMA TERDIRI ATAS:
- Tulis ulang teks percobaan!
- Beri arah panah untuk semua informasi teks percobaan!
- Lengkapi dengan simpulan!
- Gunakan kertas origami, kertas bekas, dll, untuk mempercantik tampilan bagan skemamu!
BUATLAH BAGAN SKEMAMU SEMENARIK MUNGKIN DALAM KERTAS
KARTON. Serahkan dua pekan dari sekarang (baik luring maupun daring). Khusus
daring, kamu dapat menyerahkan foto bagan skema kamu melalui WAG atau ke surel ditriles@gmail.com.
D. Lembar Kerja Tugas Terstruktur
Petunjuk:
- Kerjakan tugas ini secara berkelompok! Jangan lupa tulis nama kelompok di bagian atas LKPD atau melalui google form (jika secara daring).
- Saksikan video dalam salah satu link berikut! Pilih salah satu video saja!
- Catatlah seluruh informasi dalam percobaan tersebut kemudian simpan untuk kita gunakan sebagai bahan pembelajaran selanjutnya!
E. Lembar Penilaian Sikap
Petunjuk:
- Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
- Khusus
luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang
tua/wali!
- Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
- Khusus luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang tua/wali! Centang ke kolom YA atau TIDAK! Gunting lembar penilaian ini hingga batas akhir, kemudian tempel di bagian belakang bagan skema.
No.
|
Penilaian
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Kejujuran
|
Apakah kamu mengerjakan
tugas ini tanpa meniru pekerjaan temanmu yang lain?
|
||
Apakah orang tuamu memastikan
kamu menyelesaikan seluruh tugasmu tanpa dikerjakan sama sekali oleh orang
tua?
|
||||
Apakah orang tuamu
membimbing kamu selama mengerjakan tugas?
|
||||
2.
|
Tanggung Jawab
|
Apakah kamu segera
mengerjakan tugas ketika LKPD sudah kamu terima?
|
||
Apakah kamu sudah
mendapatkan kelompok belajar?
|
||||
Apakah kamu berbagi tugas bersama
kelompok?
|
Jawablah penilaian diri ini
dengan jujur.
Mempawah, ……… Juli 2020
Mengetahui Orang Tua/Wali,
………………………………
KOMENTAR ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK KETIKA MENGERJAKAN
TUGAS INI
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAGAIMANA TANGGAPAN IBU MENGENAI TUGAS INI? APAKAH MEMBUAT ANAK IBU MUDAH MEMAHAMI ATAU SEMAKIN SULIT MEMAHAMI MATERI?
……………………………………
BERIKAN SAYA SARAN JIKA ANAK BAPAK/IBU SULIT MEMAHAMI MATERI DAN TUGAS
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
|
Komentar
Posting Komentar