LKPD TEKS PERCOBAAN KD 3.2 DAN 4.2
LKPD
1
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS : IX…
NAMA : …………………………
Petunjuk:
1.
Cermati teks percobaan acak berikut ini!
A
|
Hasil uji boraks pada bakso dapat
diketahui dengan dua cara. Cara pertama dengan menggunakan kertas whatman.
Kertas whatman yang telah menyerap ekstrak kunyit diberi ekstrak bakso. Pada
bakso yang mengandung boraks, kertas whatman yang diberi ekstrak kunyit akan
berubah menjadi coklat.
Cara kedua dengan menggunakan
tusuk gigi yang telah ditusukan pada kunyit. Jika bakso mengandung boraks,
maka tusuk gigi akan mengalami perubahan warna menjadi orange
kemerah-merahan. Hal ini dapat membantu kita untuk mengetahui makanan yang
mengandung boraks,terutama pada bakso. Ini adalah cara yang paling mudah yang
dapat digunakan tanpa harus uji di laboratorium.
|
B
|
Pada makanan yang mengandung boraks,
warna yang dihasilkan saat bereaksi tergantung banyak atau tidaknya pemakaian
boraks pada makanan tersebut. Semakin banyak boraks yang dipakai maka reaksi
tersebut warnanya semakin gelap pekat ( orange-merah-coklat).
Bakso
(Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks, Bila digigit akan kembali ke
bentuk semula, Tahan lama atau awet beberapa hari, Warnanya tampak lebih
putih. Bakso yang aman berwarna abu-abu segar merata di semua bagian, baik di
pinggir maupun tengah, Bau terasa tidak alami. Ada bau lain yang muncul. Bila
dilemparkan ke lantai akan memantul seperti bola bekel).
|
C
|
UJI
BAKSO YANG MENGANDUNG BORAKS
DENGAN KUNYIT |
D
|
1.
Untuk
mengetahui kandungan yang terdapat pada boraks, bakso dan kunyit.
2. Untuk
mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan yang
mengandung boraks.
3. Dapat
mengidentifikasi kandungan boraks pada bakso.
|
E
|
|
F
|
1.
Haluskan
5 ruas kunyit dengan parut di dalam baskom kecil.
2.
Beri
air secukupnya pada kunyit yang telah diparut.
3.
Letakkan
kertas whatman pada nampan kemudian masukkan ekstrak kunyit tadi hingga
sejajar dengan kertas whatman.
4.
Ambil
kertas whatman yang sudah menyerap ekstrak secara keseluruhan dan letakkan di
nampan yang bersih.
5.
Kemudian
jemur kertas whatman di bawah terik matahari.
Cara uji
kandungan boraks sebagai berikut :
1.
Dengan
menggunakan kertas whatman
Bakso
yang sudah disiapkan ditumbuk hingga menjadi ekstrak dengan diberi sedikit
air. Air ekstrak tersebut kemudian diteteskan pada kertas whatman tadi. Jika
kertas whatman berubah menjadi warna coklat maka bakso tersebut mengandung
boraks.
2. Dengan menggunakan tusuk gigi
a.
Tusukkan
tusuk gigi pada kunyit terlebih dahulu.
b.
Kemudian
tusukkan pada bakso yang akan diuji.
c.
Setelah
sekitar 5 detik, maka akan terlihat apakah bakso tersebut mengandung boraks
atau tidak. Tandanya, jika bakso tersebut mengandung boraks, maka tusuk gigi
akan berwarna orange kemerah-merahan. Hal ini disebabkan karena kunyit akan
bereaksi terhadap bahan kimia, termasuk boraks.
|
2.
Susunan teks di atas sehingga menjadi teks
percobaan yang benar adalah:
Gunting teks tersebut, kemudian susun
kembali ke atas kertas F4 dengan format berikut!
Nama anggota kelompok :
Kelas :
……………………(Tempel judul teksnya di sini)…………………………..
Tujuan
……………………(Tempel
teksnya di sini)…………………………..
Alat dan Bahan
……………………(Tempel teksnya di
sini)…………………………..
Hasil
……………………(Tempel teksnya di
sini)…………………………..
Simpulan
……………………(Tempel teksnya di
sini)…………………………..
|
3.
Tentukan kebahasaan teks percobaan tersebut
dengan mengisi tabel berikut!
Kata Bilangan
|
…………………
|
…………………
|
…………………
|
…………………
|
||||
Kalimat Perintah
|
1.
|
2.
|
||||||
Kata Hubung
|
……
|
……
|
……
|
……
|
……
|
……
|
||
LKPD 2
Nama Anggota Kelompok
……………………..,
……………………..,
……………………..,
……………………..,
……………………..,
Kelas : IX ….
Petunjuk:
1.
Buatlah video percobaan. Tema percobaannya dapat kalian
contoh di youtube atau percobaan baru yang belum pernah dilakukan.
Perhatikan contoh video percobaan yang dilakukan
oleh alumni kalian tahun lalu!
2.
Setelah membuat video percobaan, salin percobaan
kalian dalam bentuk teks percobaan!
3.
Tugas ini terdiri atas video dan teks. Video
dapat kalian kirimkan melalui link youtube atau file di flashdisk. Teks dapat
kalian kirimkan dalam bentuk foto atau teks yang kalian antarkan melalui WAG
atau diantar langsung ke sekolah!
A.
Lembar Penilaian Sikap
Petunjuk:
1.
Beri tanda centang pada perilaku yang sesuai!
2.
Untuk siswa yang menggunakan metode luring,
gunting tabel, kemudian gabungkan dengan tugas kalian!
B.
Post-Test
Petunjuk:
1.
Tugas ini dikerjakan secara mandiri (bukan
kelompok).
2.
Untuk metode daring, silakan jawab di link g.form
yang telah dibagikan melalui WAG!
3.
Untuk metode laring, silakan jawab soal di dalam
kotak!
No.
|
Penilaian
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Kejujuran
|
Apakah kamu mengerjakan tugas ini dengan meniru
jawaban kelompok lain?
|
||
Apakah kamu mengerjakan post-test dengan meniru
jawaban temanmu?
|
||||
Apakah orang tuamu yang mengerjakan tugas-tugasmu?
|
||||
2.
|
Tanggung Jawab
|
Apakah kamu tidak mengerjakan tugas yang diberikan
oleh ketua kelompokmu?
|
||
Apakah kamu sulit diajak bekerja sama dalam tugas
kelompok?
|
||||
Apakah kamu hanya diam saja dan tidak memberikan
bantuan selama bekerja sama dengan kelompokmu?
|
Mempawah, ……… Juli 2020
Mengetahui Orang Tua/Wali,
………………………………
POST TEST
Jawablah post tes berikut! (soal post test daring
diberikan lewat G. Form)
1.
Berikut yang termasuk informasi di dalam teks
percobaan terdapat pada:
a.
Pendahuluan
b.
Salam
c.
Tujuan
d.
Judul
e.
Alat dan bahan
f.
Langkah
g.
Hasil
2.
Perhatikan bagian teks percobaan acak berikut!
a
JUDUL
b. ALAT DAN BAHAN c.
PENDAHULUAN d. HASIL e. SIMPULAN
f. LANGKAH
Susunan struktur teks percobaan yang tepat adalah
…. (TULIS SAJA URUTAN HURUFNYA)
…….. - ………- ………-…………..-………..-………..
2.
Centang pada kalimat berikut yang mengandung
kalimat perintah dalam teks percobaan yang tepat!
a.
Berdasarkan percobaan di atas, maka sampel A
menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung
kadar gula yang tinggi.
b.
Diamkan beberapa menit!
c.
Aduk campuran tersebut hingga berubah warna
menjadi lebih putih dan mengental!
d.
Ember dan air 1 liter.
e.
Siapkan ember dan air 1 liter!
f.
Silakan tunggu di sini ya, Pak!
|
Komentar
Posting Komentar