TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019


Tugas kelas IX BAHASA INDONESIA TAHUN AJARAN 2019-2020
JENIS PENILAIAN PORTOFOLIO
INI TUGAS MANDIRI. BUKAN KELOMPOK

Materi : Mengidentifikasi unsur intrinsik teks cerpen
1.       Carilah cerpen berikut melalui mesin pencari (google, dll). Silakan pilih satu cerpen yang kalian sukai.
Setelah diklik, silakan pilih salah satu judul dalam laman tersebut.
2.       Tentukan :

a.       Ceritakan ulang isi cerpen secara singkat minimal 2 paragraf

b.      Tema

c.       Amanat

d.      Tokoh

e.      Karakterisasi watak tokoh

f.        Latar

g.       Sudut pandang pengarang


3.       Setiap unsur mulai dari b-g harus disertai penjelasan dan bukti.

4.       Silakan ditulis dalam bentuk tulisan tangan atau diketik.



HASIL ANALISIS KALIAN HARUS DITUANGKAN DALAM BENTUK MAKALAH SEDERHANA. Karena saya belum menjelaskan  materi karya tulis ilmiah, maka kalian dapat membuat makalah dengan bantuan.

Langkah pertama
Buat cover dengan bentuk seperti ini! Tulis di kertas HVS yang sudah kalian siapkan.


Text Box: MAKALAH ILMIAH
SEBAGAI TUGAS PORTOFOLIO BAHASA INDONESIA

ANALISIS UNSUR INTRINSIK
CERPEN “tulis judul cerpen dan nama pengarangnya di sini”

Disusun oleh
(Tulis namamu)

Kelas 
IX …..




SMP NEGERI 1 MEMPAWAH TIMUR
2019-2020


LANGKAH KEDUA:
Lembar kedua, kalian cukup copy paste tulisan berikut!



Kata Pengantar

Alhamdulillah (puji syukur) kami panjatkan kepada Allah subhanahu wata’ala karena atas izin-Nya, makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini disusun sebagai tugas portofolio Bahasa Indonesia.
Makalah ini berjudul Analisis Unsur Intrinsik Cerpen ………. Karya ……… dalam makalah ini, penulis menganalisis unsur pembangun cerpen di antaranya tema, amanat, tokoh, karakterisasi watak tokoh, latar, dan sudut pandang pengarang.
Penyusunan karya ilmiah ini tidak terlepas dari bantun orang lain. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.       Ibu Dian Tri Lestari, S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Mempawah Timur, dan
2.       Teman-teman kelas IX …
Penulis menerima kritik dan saran untuk perbaikan makalah ini dan untuk pembuatan makalah yang lebih baik selanjutnya. Semoga makalah ini bermabfaat terutama untuk teman-teman tingkat SMP dalam memahami unsur  pembangun cerpen.




Mempawah ,     (tulis tangal dan tahun)
Penulis,


(Tulis namamu di sini)



 
LANGKAH KETIGA
Buatlah daftar isi.




 

 
LANGKAH KEEMPAT
Buatlah bagian pendahuluan. Cukup copy paste ini saja! Tulis ke lembar selanjutnya!




      A.      PENDAHULUAN
1.       Latar Belakang
Makalah yang berujudul Unsur Intrinsik Cerpen ……. Karya …… mengenalisis unsur intrinsik cerpen tersebut. Adapun cerpen diambil dari kumpulan cerpen di https://cerpenkompas.wordpress.com/. Penulisan makalah ini sebagai upaya untuk memahami materi Bahasa Indonesia, khususnya mengenai unsur pembangun karya sastra fiksi.

Unsur intrinsik adalah salah stau materi dalam Bahasa Indonesia yang sulit dipahami. Materi ini juga masih ada dalam soal UNBK. Untuk itu, penting sekali menganalisis unsur pembangun cerpen sebagai upaya melatih daya analisis kamis ebagai peserta didik.

2.       Masalah
Adapun masalah dalam makalah ini adalah :
a.        mengetahui tema cerpen “…………… karya …………..”,
b.       mengetahui pesan yang terkandung dalam cerpen “…………… karya …………..”,
c.        mengetahui tokoh yang ada dalam cerpen “…………… karya …………..”,
d.       mengetahui karakterisasi watak tokoh yang ada dalam cerpen “…………… karya …………..”,
e.       mengatahui latar cerpen “…………… karya …………..”, dan
f.         mengatahui sudut pandang pengarang cerpen “…………… karya …………..”

3.       Tujuan
Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan makalah ini adalah untuk:
a.        mendeskripsikan tema cerpen “…………… karya …………..”,
b.       mendeskripsikan pesan yang terkandung dalam cerpen “…………… karya …………..”,
c.        mendeskripsikan tokoh yang ada dalam cerpen “…………… karya …………..”,
d.       mendeskripsikan karakterisasi watak tokoh yang ada dalam cerpen “…………… karya …………..”, dan
e.       mendeskripsikan latar cerpen “…………… karya …………..”, dan
f.         mendeskripsikan sudut pandang pengarang cerpen “…………… karya …………..”

 

LANGKAH KELIMA



 
 


LANGKAH KEENAM



 



LANGKAH KETUJUH



 
LANGKAH KEDELAPAN




Fotokopi cerpen yang kamu baca. Letakkan setelah lembar daftar pustaka. Kemudian jilid. Bagian cover jangan lupa tulis namamu. KUMPULKAN PADA PERTEMUAN SELANJUTNYA…

UNTUK KELAS IX B KUMPULKA N HARI SELASA, 5 NOVEMBER 2019

UNTUK KELAS IX A KUMPULKA N HARI SELASA, 5 NOVEMBER 2019

UNTUK KELAS IX B KUMPULKA N HARI RABU, 6 NOVEMBER 2019


Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tanyakan langsung ke alamat surel saya:

ditriles@gmail.com

bagi yang cerpennya sama, dapat bekerja sama dengan teman. Namun penulisan ke dalam makalah tetap mandiri. Kerjakan tugasnya dengan baik dalam waktu satu minggu ini. Nilai ini untuk 2  nilai tugas (pengetahuan dan keterampilan) dan termasuk nilai ulangan harian. 

jika tidak dikerjakan ada 3 nilai kamu yang kosong.  Ketua kelas wajib menjaga ruang komputer dalam keadaan tenang dan tidak merusak apa saja yang ada di dalam ruang komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL