KISI KISI SOAL PTS KELAS VIII BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL 2019
KISI-KISI PENILAIAN TENGAH
SEMESTER (PTS) SEMESTER GANJIL
BAHASA INDONESIA KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NAMA SEKOLAH
: SMPN 1 Mempawah Timur
NAMA GURU :
Dian Tri Lestari, S.Pd.
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BUTIR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
1.
|
3.1
Mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca
|
1.
Disajikan teks berita, peserta didik menentukan unsur
teks berita
2.
Disajikan
teks berita, peserta didik menentukan perbedan penyajian berita
3.
Disajikan
teks berita, peserta didik menentukan persamaan penyajian berita
|
1
2
3
4
|
PG
PG
PG
PG
|
C4
C4
C4
C4
|
2.
|
4.1
Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca
dan didengar.
|
Disajikan teks berita,
peserta didik menyimpulkan isi teks berita
|
5
6
|
PG
PG
|
C6
|
3.
|
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita
|
1.
Disajikan
teks berita, peserta didik menentukan struktur teks berita
2.
Disajikan
teks berita, peserta didik menentukan kebahasaan teks berita
|
7
8
9
|
PG
PG
PG
|
C4
C4
C4
|
4.
|
4.2
Menyajikan data, informasi
dalam bentuk berita secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau
aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).
|
Disajikan kalimat berita
acak, peserta didik mengurutkan
kalimat berita menjadi paragraf yang utuh
|
10
|
PG
|
C2
|
5.
|
3.3
Mengidentifikasi informasi
teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
|
1.
Disajikan
teks iklan, peserta didik menentukan informasi yang terdapat di dalam iklan.
2.
Disajikan
teks poster, peserta didik menentukan informasi yang terdapat di dalam poster.
3.
Disajikan
slogan, peserta didik menentukan makna dari slogan yang tepat
|
11
12
13
|
PG
PG
PG
|
C4
C4
C4
|
6.
|
4.3
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan
memotivasi) dari berbagai sumber
|
1.
Disajikan
teks poster, peserta didik menyimpulkan makna poster
2.
Disajikan
teks poster, peserta didik menyimpulkan makna slogan
|
14
15
|
PG
|
C4
C4
|
7.
|
3.4 Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
1.
disajikan
teks iklan, peserta didik menentukan pola penyajian teks iklan
2.
Disajikan
slogan dalam poster, peserta didik menentukan kebahasaan slogan dalam poster
|
16
17
|
PG
PG
|
C4
C4
|
8.
|
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster secara lisan
dan tulis.
|
Disajikan ilustrasi,
peserta didik menentukan slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
|
18
19
|
PG
PG
|
C4
C4
C4
|
9.
|
3.5
Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar
dan dibaca yang didengar dan dibaca.
|
1.
Disajikan
teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat fakta yang ada di dalam teks
eksposisi
2.
Disajikan
teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat opini yang ada di dalam teks
eksposisi
1.
Disajikan
teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat utama yang ada di dalam teks
eksposisi
2.
Disajikan
teks eksposisi, peserta didik menentukan informasi yang sesuai
|
20
21
22
23
24
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
C4
C4
C4
C4
C4
|
10.
|
4.5
Menyimpulkan isi teks eksposisi
(artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan
dan dibaca.
|
Disajikan teks eksposisi, peserta
didik menyimpulkan isi teks eksposisi
|
25
|
PG
|
C4
|
Mempawah, Oktober 2019
Guru
Mata Pelajaran
Dian
Tri Lestari, S.Pd.
NIP
19870314 201001 2 014
terima kasih setulus-tulusnya, postingan Anda sangat membantu saya.
BalasHapus