KISI KISI SOAL PTS KELAS VIII BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL 2019


KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) SEMESTER GANJIL
BAHASA INDONESIA  KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NAMA SEKOLAH             : SMPN 1 Mempawah Timur
NAMA GURU                      : Dian Tri Lestari, S.Pd.

NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
BUTIR SOAL
BENTUK SOAL
LEVEL KOGNITIF
1.
3.1  Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
1.     Disajikan  teks berita, peserta didik menentukan unsur teks berita
2.     Disajikan teks berita, peserta didik menentukan perbedan penyajian berita
3.     Disajikan teks berita, peserta didik menentukan persamaan penyajian berita
1
2
3
4

PG
PG
PG
PG
C4
C4
C4
C4
2.
4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
Disajikan teks berita, peserta didik menyimpulkan isi teks berita
5
6
PG
PG
C6
3.
3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita
1.     Disajikan teks berita, peserta didik menentukan struktur teks berita
2.     Disajikan teks berita, peserta didik menentukan kebahasaan teks berita
7
8
9
PG
PG
PG
C4
C4
C4
4.
4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).
Disajikan kalimat berita acak, peserta didik mengurutkan  kalimat berita menjadi paragraf yang utuh
10
PG
C2
5.
3.3  Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
1.     Disajikan teks iklan, peserta didik menentukan informasi yang terdapat di dalam  iklan.
2.     Disajikan teks poster, peserta didik menentukan informasi yang terdapat di dalam  poster.
3.     Disajikan slogan, peserta didik menentukan makna dari slogan yang tepat
11
12
13
PG
PG
PG
C4
C4
C4
6.
4.3  Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
1.     Disajikan teks poster, peserta didik menyimpulkan makna poster
2.     Disajikan teks poster, peserta didik menyimpulkan makna slogan
14
15
PG
C4
C4
7.
3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
1.      disajikan teks iklan, peserta didik menentukan pola penyajian teks iklan
2.      Disajikan slogan dalam poster, peserta didik menentukan kebahasaan slogan dalam poster
16
17
PG
PG
C4
C4
8.
4.4  Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis.
Disajikan ilustrasi, peserta didik menentukan slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
18
19
PG
PG
C4
C4
C4
9.
3.5  Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca.
1.     Disajikan teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat fakta yang ada di dalam teks eksposisi
2.     Disajikan teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat opini yang ada di dalam teks eksposisi
1.     Disajikan teks eksposisi, peserta didik menentukan kalimat utama yang ada di dalam teks eksposisi
2.     Disajikan teks eksposisi, peserta didik menentukan informasi  yang sesuai
20
21
22
23
24
PG
PG
PG
PG
PG
C4
C4
C4
C4
C4

10.
4.5  Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.
Disajikan teks eksposisi, peserta didik menyimpulkan isi teks eksposisi
25
PG
C4

Mempawah,                                Oktober 2019
Guru Mata Pelajaran



Dian Tri Lestari, S.Pd.
NIP 19870314 201001 2 014


Komentar

  1. terima kasih setulus-tulusnya, postingan Anda sangat membantu saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL