MATERI DAN LKPD KELAS IX-PERTEMUAN PERTAMA-TEKS PERCOBAAN

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
KOMBINASI LURING DAN DARING

Sekolah                      : SMP Negeri 1 Mempawah Timur
Penyusun                   : Dian Tri Lestari, S.Pd.
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas                          : IXB
Tahun Pelajaran       : 2020-2021

A.     Kompetensi Dasar
3.3  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
3.4  Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Bagaimana kabar kalian?
Silakan tulis nama kalian di bawah ini.
NAMA             :
KELAS            :

Berikutnya, kamu akan bekerja sama secara berkelompok. Tulislah nama anggota kelompokmu!
NAMA ANGGGOTA KELOMPOK:
  1.  
  2.   

B.     Materi
1.      Hakikat Teks Percobaan
Pernahkah kalian melihat tayangan di televisi tentang cara membuat masakan? Atau pernahkah melihat tutorial kerajinan, misalnya di https://www.youtube.com/watch?v=UnNZYfmuobc?
Apa yang kamu tonton adalah salah satu bentuk percobaan. Dalam Bahasa Indonesia, kamu diharuskan untuk mengetahui tujuan dan informasi di dalam video dan/teks percobaan.

Apa itu teks percobaan? Teks percobaan adalah teks yang berisi tata cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu. Contoh teks percobaan, perhatikan gambar berikut!

Ciri Teks Laporan Percobaan


1)     Melaporkan hasil percobaan.
2)     Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
3)     Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
4)     Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
5)     Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.
6)     Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
 

 


2.   


          Tujuan Teks Percobaan
Dalam membuat percobaan, tentunya kita harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Tidak mungkin kamu membuat tutorial melakukan sesuatu tanpa alasan. Jika melihat gambar di atas, maka tujuan teks percobaan tersebut adalah untuk membuat bros dengan harga yang lebih murah.
Cek tujuannya di sini!



3.      Informasi Teks Percobaan
Informasi dalam teks percobaan terdiri atas:
  1.  Tujuan
  2. Alat dan bahan
  3. Langkah Kegiatan
  4. Hasil
  5. Simpulan

Nah, perhatikan video percobaan dalam https://www.youtube.com/watch?v=V72byKyMvKQ2, kemudian isi pertanyaan di
https://forms.gle/y2jBu7TTHP1oaKyV9 

      

4.      Simpulan Teks Percobaan
Dalam menentukan simpulan, ada dua langkah mudah:
  1. Tulis saja jika tujuan teks percobaan sudah tersedia di dalam teks atau disampaikan di dalam video, atau
  2. Jika tidak tersedia, maka kamu harus memahami tujuan di dalam percobaan tersebut. Misalnya teks resep membuat nasi goreng. Maka, simpulan teks percobaan tersebut misalnya “dengan menggunakan bahan sederhana dan mudah didapatkan, kita dapat membuat nasi goreng yang enak.”

C.     Lembar Kerja Inti
Kerjakan tugas berdasarkan kemudahan kalian dalam membuat tugas. Silakan pilih menggunakan metode daring atau luring.

KHUSUS DARING
Petunjuk:
1.      Perhatikan video percobaan berikut di https://www.youtube.com/watch?v=Aj7TM5uCSIo&feature=youtu.be
2.      Isi jawaban kamu di https://forms.gle/y2jBu7TTHP1oaKyV9.

KHUSUS LURING
Petunjuk:
1.      Cermati teks percobaan berikut! 

Teks Laporan Percobaan Tentang Tanaman Hidroponik
Tanaman yang satu ini akhir-akhir ini menjadi populer. Padahal tanaman ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun yang baru dari tanaman ini adalah siapa saja dapat membuat tanaman ini bahkan hanya memanfaatkan halaman maupun pekarangan juga bisa. Berikut laporan menanam hidroponik di pekarangan rumah.
Judul Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Alat Sederhana
Tujuan :
Di zaman yang semakin canggih ini kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk makanan sehari-hari.
Bahan-bahan Yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
  • I botol air mineral
  • Kemudian sediakan alat pemotong
  • Kain flanel atau sumbu kompor
  • Solder untuk melubangi
  • Serta siapkan air nutrisi
  • Talang, Pipa serta pompa air
Langkah Pembuatan dengan Percobaan I
  1. Potonglah botol air mineral yang telah disediakan terlebih dahulu menjadi 2 bagian.
  2. Lalu lubangi tutup botolnya.
  3. berikutnya moncong botol diarahkan menghadap ke bawah lalu gabungkan dengan bagian botol yang satu bagian tadi.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor yang telah disiapkan tadi dipasangkan ke lubang tutup botol, aturlah dan pastikan kalau sumbu dapat menyerap air nutrisi.
  5. Setelah itu bibit tanaman dapat ditanamkan di bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  6. Dan bagian botol yang bawah diisi dengan air nutrisi
Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan percobaan ke II
  1. langkah kedua ini diawali dengan menyiapkan talang, atau pipa serta pompa
  2. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama antara yang satu dengan yang lainnya
  3. Susunlah talang atau pipa tadi sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan untuk dijadikan tanaman hidroponik ini.
  4. Siapkan penampung yang lebih rendah pada ujung pipa
  5. lalu pasang pompa untuk dapat mengalirkan alir dengan sempurna dan maksimal.
Hasil Percobaan I
Dengan bahan sederhana tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari

Hasil percobaan II
Tanaman dengan cara kedua ini tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.

Kesimpulanya
Antara percobaan I dan II semua tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa. Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.
Beberapa contoh  teks laporan percobaan diatas adalah salah satu dari banyaknya eksperimen dan percobaan yang dilakukan dalam dunia pendidikan, masyarakat maupun dalam ruang seni dan kreatifitas. Pada intinya laporan percobaan harus menunjukkan hasil dari perilaku yang langsung dilakukan pada kajian dan eksperimen tertentu. Sehingga hasil percobaan dapat dijadikan dasar untuk membuatnya kembali atau mencontoh teknik tersebut. Laporan percobaan seperti ini sangatlah penting untuk perkembangan dunia pendidikan dan dunia penelitian. 

Sumber teks: https://www.romadecade.org/contoh-teks-laporan-percobaan/#! 

2.      Tentukan informasi dalam teks percobaan tersebut! 
3.      Simpulkan teks percobaan tersebut!

JIKA KAMU INGIN MENDAPATKAN NILAI LEBIH, BAIK YANG LURING ATAU DARING, SILAKAN SERTAI JAWABAN KAMU DENGAN MEMBUAT BAGAN SKEMA SEPERTI PADA GAMBAR PADA BAHAN AJAR DI ATAS. BAGAN SKEMA TERDIRI  ATAS:
  1.  Tulis ulang teks percobaan!
  2. Beri arah panah untuk semua informasi teks percobaan!
  3. Lengkapi dengan simpulan!
  4. Gunakan kertas origami, kertas bekas, dll, untuk mempercantik tampilan bagan skemamu!

BUATLAH BAGAN SKEMAMU SEMENARIK MUNGKIN DALAM KERTAS KARTON. Serahkan dua pekan dari sekarang (baik luring maupun daring). Khusus daring, kamu dapat menyerahkan foto bagan skema kamu melalui WAG atau ke surel ditriles@gmail.com.

D.     Lembar Kerja Tugas Terstruktur
Petunjuk:
  1.  Kerjakan tugas ini secara berkelompok! Jangan lupa tulis nama kelompok di bagian atas LKPD atau melalui google form (jika secara daring).
  2. Saksikan video dalam salah satu link berikut! Pilih salah satu video saja!
  3. Catatlah seluruh informasi dalam percobaan tersebut kemudian simpan untuk kita gunakan sebagai bahan pembelajaran selanjutnya!
E.     Lembar Penilaian Sikap
Petunjuk:
  1. Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
  2. Khusus luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang tua/wali!
  3. Isi penilaian sikap melalui google form (khusus daring)!
  4. Khusus luring, silakan isi penilaian berikut dan harus ditandatangani oleh orang tua/wali! Centang ke kolom YA atau TIDAK! Gunting lembar penilaian ini hingga batas akhir, kemudian tempel di bagian belakang bagan skema.
No.
Penilaian
Indikator
Ya
Tidak
1.
Kejujuran
Apakah kamu mengerjakan tugas ini tanpa meniru pekerjaan temanmu yang lain?


Apakah orang tuamu memastikan kamu menyelesaikan seluruh tugasmu tanpa dikerjakan sama sekali oleh orang tua?


Apakah orang tuamu membimbing kamu selama mengerjakan tugas?


2.
Tanggung Jawab
Apakah kamu segera mengerjakan tugas ketika LKPD sudah kamu terima?


Apakah kamu sudah mendapatkan kelompok belajar?


Apakah kamu berbagi tugas bersama kelompok?



Jawablah penilaian diri ini dengan jujur.

Mempawah, ……… Juli 2020
Mengetahui Orang Tua/Wali,



………………………………








 
KOMENTAR ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK KETIKA MENGERJAKAN TUGAS INI
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..


BAGAIMANA TANGGAPAN IBU MENGENAI TUGAS INI? APAKAH MEMBUAT ANAK IBU MUDAH MEMAHAMI ATAU SEMAKIN SULIT MEMAHAMI MATERI?
……………………………………

BERIKAN SAYA SARAN JIKA ANAK BAPAK/IBU SULIT MEMAHAMI MATERI DAN TUGAS
……………………………………………………………………………………………………………………………………….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL