RPP KURIKULUM 2013 TEKS EKSPLANASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 2 Sajingan Besar
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : VII/ Ganjil
Materi Pokok              : Teks Hasil Eksplanasi
Alokasi Waktu           : 1  pertemuan (2 X 40 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1)      menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentul lisan
2)      menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis

2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
1)      menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2)      menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3)      menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian

3.3  Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
1.    Mengidentifiksi struktur teks eksplanasi
2.    Menemukan struktur teks eksplanasi dari koran/ majalah.
3.    Menjelaskan secara lisan struktur teks eksplanasi
4.
4.1  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan


C.    Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat mengklasifikasi struktur teks eksplanasi
2.      Siswa dapat menentukan jenis teks eksplanasi berdasarkan struktur teks eksplanasi
3.      Menjelaskan secara lisan struktur teks eksplanasi dengan alasan yang logis

D.    Materi Pembelajaran 
Pengenalan struktur teks hasil eksplanasi
Strukturnya terdiri atas:
-       Pernyataan umum
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
1)    Berisi satu statemen umum tentang suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dsb.
2)    Harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca detailnya.
-  Deret Penjelas
1)   Berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya.
2)   Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana’, yang jawabannya berupa statemen atau yang jawabannya berupa pernyataan
3)   Dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.
-   Penutup/Interpretasi
Berisikan kesimpulan atau pernyataan tentang topik/proses yang dijelaskan.

Ciri Bahasa Teks Eksplanasi
Setelah mengidentifikasi struktur teks eksplanasi ‘Gempa Bumi’ kalian akan belajar tentang ciri bahasa teks Eksplanasi. Ciri bahasa teks eksplanasi adalah sebagai berikut.
a.          Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.
b.         Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah
c.          Menggunakan konjungsi waktu atau klausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama dan kemudian.
d.         Bahasanya ringkas menarik dan jelas

CONTOH TEKS “Tsunami”

Pernyataan Umum: Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa bumi atau letusan gunung berapi di bawah laut atau didaratan dekat pantai.Gelombangnya yang besar dapat menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai

Deretan Penjelasan: Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun (pergeseran lempeng di dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi.Tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi.Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal.Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian mencapai 30-50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam.Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal,kecepatannya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah.Ketinggian gelombang itu bergantung pada bentuk pantai dan kledalamannya.

Interpretasi: Tidak semua gempa bumi dan gunung meletus dapat menyebabkan tsunami.Tsunami dapat menyebabkan kerusakan yang besar bagi manusia.Kerusakan yang paling besar terjadi ketika gelombang tsunami itu mengenai pemukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya

E.    Metode Pembelajaran
1)      Pembelajaran saintifik
2)      Pembelajaran inkuiri

F.        Sumber, Media, dan Alat Pembelajaran
1).    Sumber Belajar
a)             Novita Ayu. 2014. Struktur Teks Eksplanasi. Tersedia http://brainly.co.id/tugas/62273 diunduh, Senin, 23 Juni 2014.
b)             Ratih Kumalasari. 2014. Materi Pembelajaran Teks Eksplanasi. Tersedia di http://kumalasariratih.blogspot.com/2014/02/materi-pembelajaran-teks-eksplanasi.html diunduh, Senin, 23 Juni 2014.
·     
2)         Media Pembelajaran
a)            Teks hasil eksplanasi
b)            Video tsunami di Jepang
c)            Powerpoint tentang struktur teks eksplanasi


3)         Alat dan bahan
Teks eksplanasi dan kartu data



G.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.            Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.            Peserta didik merespon pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.            Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
4.            Peserta didik menerima informasi mengenai hal-hal apa saja yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati :
1.            Peserta didik menyaksikan tayangan video mengenai tsunami
2.            Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
3.            Peserta didik mengamati struktur teks eksplanasi yang dicontohkan oleh guru.
Menanya             :
1.            Peserta didik dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar menanyakan struktur teks eksplanasi
Mengumpulkan Informasi        :
1.            Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 6 kelompok (ditandai dengan warna kartu)
2.            Peserta didik menemukan satu teks mengenai peristiwa alam dalam koran/ majalah
3.            Peserta didik mendiskusikan struktur teks eksplanasi yang telah ditentukan.
Mengasosiasi      :
1.            Peserta didik mendiskusikan kebenaran struktur teks eksplanasi sesuai dengan teori yang telah disampaikan melalui powerpoint
2.            Peserta didik menulis teks per bagian dalam kartu yang telah disiapkan
Mengomunikasikan       :
1.            Peserta didik menyampaikan secara lisan alasan pemilihan satu teks eksplanasi
2.            Peserta didik mempresentasikan struktur teks eksplanasi
3.            Kelompok lain mengomentari hasil pekerjaan dari kelompok lain

Penutup ( 10 menit)
1.            Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran
2.            Peserta didik mendengarkan umpan balik dari guru mengenai proses pembelajaran
3.            Peserta didik bersama bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran mengenai struktur teks eksplanasi
4.            Peserta didik bersama guru saling berbagi pesna menarik  yang dialami selama pembelajaran.
5.            Guru memberikan tugas untuk mengkliping sebuah teks eksplanasi beserta sebab akibat fenomena alam dari guru IPA.

H.       Penilaian
1.   Penilaian Sikap
a.       Teknik       : Pengamatan Sikap
b.      Bentuk      : Lembar Pengamatan
c.       Instrumen

No.
Nama Peserta Didik
Religius
Jujur
Percaya diri
Santun
Bertanggung jawab
Skor
Nilai
Konv.



































Tulis angka sesuai dengan rubrik berikut!
Rubrik
Skor
Menunjukkan sikap tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara terus-menerus.
4
Menunjukkan sikap tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran cukup sering
3
Menunjukkan sikap tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran masih sedikit
2
Sama sekali tidak menunjukkan sikap tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran
1


Pedoman penilaian sikap             :
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai = skor yang diperoleh      x  100
                    Skor maksimal

2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik      : Proyek dan portofolio
b.      Bentuk     : Struktur Teks eksplanasi dan kliping teks eksplanasi
c.       Instrumen
1)      Temukan satu teks eksplanasi dan klasifikasikan bagian-bagian teks dalam kartu data.
2)      Carilah teks eksplanasi mengenai fenomena alam dan tambahkan keterangan mengenai sebab dan akibat fenomena tersebut dari guru IPA kalian!
Lembar kerja
Nama       :
Kelas        :
Tugas
Kriteria Penilaian
Skor
(1-4)
Nilai
Konversi
(nilai/100) x 4
1)
Kesesuaian jenis teks
Sesuai dengan teks eksplanasi
4


Kurang sesuai dengan teks eksplanasi
3
Tidak sesuai
2
Tidak sesuai dan tulisan tidak rapi
1
Ketepatan mengklasifi-kasikan struktur teks
Klasifikasi tepat dan lengkap
4
Struktur lengkap namun kurang tepat
3
Struktur kurang tepat dan kurang lengkap
2
Struktur tidak tepat dan tidak lengkap
1
2)
Kesesuaian jenis teks
Sesuai dengan teks eksplanasi
4
Kurang sesuai dengan teks eksplanasi
3
Tidak sesuai
2
Tidak sesuai dan tulisan tidak rapi
1
Kelengkap-an dan keakuratan informasi tambahan
Klasifikasi tepat dan informasi lengkap
4
Struktur lengkap namun informasi kurang tepat
3
Struktur kurang tepat dan informasi kurang lengkap
2
Struktur dan informasi  tidak tepat dan tidak lengkap
1

Nilai = skor yang diperoleh x 100
                 Skor maksimal

3.      Penilaian keterampilan
1.   Tenik           : Tes unjuk kerja
2.   Bentuk        : Tes uji petik kerja dan rubrik
3.   Instrumen
1.         Temukan teks eksplanasi mengenai fenomena alam!
2.         Gunting dan tempel di kertas karton!
3.         Berikan informasi tambahan mengenai sebab dan akibat fenomena tersebut di setiap teks dari guru IPA.

Rubrik
No.
Kriteria Penilaian
Skor

Isi
a.       Berisi fenomena alam
b.      Berisi fenomena alam namun kurang terperinci
c.       Berisi fenomena alam namun kurang lengkap
d.      Bukan fenomena alam, tidak lengkap, dan tidak terperinci

4
3
2
1


Informasi tambahan
a.       Info akurat dan sistematis
b.      Infor akurat namun kurang sistematis
c.       Info kurang akurat dan kurang sistematis
d.      Infor tidak akurat

4
3
2
1

Ejaan dan tanda baca
a.       Tidak ada yang salah
b.      Beberapa kesalahan (1-5 bentuk kesalahan)
c.       Beberapa kesalahan (lebih dari 5 bentuk kesalahan)
d.      Banyak yang salah

4
3
2
1



































                                                                                    Sambas, 23 Juni 2014
                                                                                    Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



                                                                                    Dian Tri Lestari, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL