RPP TEKS OBSERVASI KD 3.1 DAN 4.1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri
2 Sajingan Besar
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Materi Pokok : Teks Observasi
Tema :
Lingkungan Hidup
Sub Tema :
Lingkungan Hidup
Alokasi Waktu :2 x
pertemuan (6 X 40 menit)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
|
1)
menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar
di lingkungan sekolah dalam bentul lisan
2)
menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar
di lingkungan sekolah dalam bentuk
tulis
|
|
2.1 Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
|
1)
menunjukkan perilaku
jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2)
menunjukkan perilaku
tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3)
menunjukkan perilaku
santun dalam menanggapi hal-hal atau
kejadian
|
|
3.1 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1. Menyusun paragraf acak menjadi
teks observasi yang sistematis
2. Mengidentifiksi struktur teks observasi
3. Menjelaskan secara lisan struktur teks
eksplanasi
|
|
4.
|
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan
|
1)
Memaknai kata
berimbuhan dalam teks hasil observasi
2)
Memaknai isi teks
hasil observasi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis sebagai
bentuk dari rasa menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.
Siswa menunjukkan
perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3.
Siswa menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
4.
Siswa menunjukkan
perilaku santun dalam menanggapi hal-hal
atau kejadian
5.
Siswa
dapat menyusun paragraf acak menjadi teks observasi yang sistematis
6.
Siswa dapat
mengidentifiksi
struktur teks observasi
7.
Siswa
dapat menjelaskan secara lisan struktur teks observasi
Pertemuan Kedua
1.
Siswa
dapat mengklasifikasi penggunaan afiksasi
2.
Siswa
dapat memaknai teks observasi
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Struktur
Teks Observasi terbagi menjadi 3 unsur:
1.
Pendahuluan
2.
Bagian
3.
Isi
Teks
observasi dapat digunakan untuk mengamati lingkungan sekitar seperti lingkungan
alam, ekosistem, dll.
Pertemuan Kedua
Afiksasi
adalah proses pengimbuhan kata dasar dengan partikel imbuhan menjadi kata baru
dengan makna berbeda. Jenis afiks ada 4 yaitu:
1.
awalan (prefiks)
2.
akhiran (sufiks)
3.
gabungan antara awalan dan akhiran
(konfiks)
4.
sisipan (infiks)
Contoh
:
Kata
dasar ‘main’ mendapatkan imbuhan ‘ber-‘ menjadi ‘bermain’. Berarti kata
tersebut terdiri atas kata dasar dan mendapat prefiks ‘ber-‘.
E.
Metode Pembelajaran
1) Pembelajaran saintifik
2) Pembelajaran inkuiri
G. Sumber, Media, dan Alat
Pembelajaran
1). Sumber
Belajar
Depdikbud.
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. 2014.
Jakarta: Depdikbud.
·
2)
Media
Pembelajaran
a)
Teks
hasil observasi
b)
LKS
sederhana
c)
Lingkungan
sekolah
3)
Alat dan bahan
a)
Teks observasi
b)
Paragraf-paragraf acak yang ditempatkan dalam kartu-kartu data
c)
Tabel afiks
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari
guru yang berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.
Peserta
didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum
pembelajaran dimulai.
3.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru yang
berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
5.
Peserta didik menerima informasi mengenai hal-hal
apa saja yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati :
1.
Peserta didik membentuk kelompok secara berpasangan
2.
Peserta
didik mencermati teks observasi
3.
Peserta didik mengamati struktur teks observasi yang
dicontohkan oleh guru.
Menanya :
1.
Peserta didik dengan percaya diri dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar menanyakan mengenai lingkungan hidup.
2.
Peserta didik dengan bimbingan guru bertanya
jawab mengenai ciri tiap-tiap struktur teks observasi
Mengumpulkan
Informasi :
1.
Peserta didik dengan penuh tanggung jawab menyusun
secara sistematis paragraf-paragraf teks observasi yang acak dari tabel teks.
2.
Peserta didik mendiskusikan ciri struktur teks
observasi
3.
Peserta didik mengidentifikasi struktur teks observasi
yang telah disusun secara sistematis.
Mengasosiasi
:
1.
Peserta didik mendiskusikan kebenaran struktur teks
eksplanasi sesuai dengan teori
2.
Peserta didik menulis teks per bagian dalam kartu
yang telah disiapkan
Mengomunikasikan
:
1.
Peserta didik mempresentasikan struktur teks
observasi
2.
Peserta didik mempresentasikan alasan logis
mengenai ciri khas tiap struktur teks observasi.
3.
Kelompok lain mengomentari hasil pekerjaan dari
kelompok lain
Penutup ( 10 menit)
1.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran
2.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dari guru
mengenai proses pembelajaran
3.
Peserta didik bersama bimbingan guru menyimpulkan
materi pembelajaran mengenai struktur teks observasi
4.
Peserta didik bersama guru saling berbagi pesan
menarik yang dialami selama
pembelajaran.
5.
Guru memberikan tugas terstruktur untuk menentukan
inti teks observasi.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari
guru yang berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2.
Peserta
didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum
pembelajaran dimulai.
3.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru yang
berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4.
Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
5.
Peserta didik menerima informasi mengenai hal-hal
apa saja yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati :
1.
Peserta
didik mencermati teks observasi
2.
Peserta didik mengamati proses
afiksasi yang dibimbing oleh guru.
3.
Peserta didik mengamati contoh ide pokok beberapa
paragraf untuk memudahkan pemahaman mengenai inti teks observasi
Menanya :
1.
Peserta didik bertanya jawab mengenai
jenis-jenis afiks
2.
Peserta ddik bertanya jawab mengenai proses
afiksasi
Mengumpulkan
Informasi :
1.
Peserta didik mengklasifikasi kata-kata
berimbuhan dalam tabel afiksasi
2.
Peserta didik menulis jenis afiks dari daftar kata-kata berimbuhan.
Menalar :
1.
Peserta didik menganalisis inti teks observasi dengan mengidentifikasi ide
pokok setiap paragraf dalam teks observasi tersebut.
2.
Peserta didik menyimpulkan inti teks observasi
dalam satu kalimat singkat dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengomunikasikan
:
1.
Peserta didik dengan percaya diri mewakili
diri secara pribadi untuk mempresentasikan tabel afiksasi di depan kelas.
Guru dapat mengambil sampel 4-5 peserta didik.
2.
Peserta didik dengan percaya diri mewakili
diri secara pribadi untuk mempresentasikan ide pokok setiap paragraf
dalam teks observasi.
3.
Kelompok lain mengomentari hasil pekerjaan dari kelompok
lain
4.
Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaan kepada
guru.
Penutup ( 10 menit)
1.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran
2.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dari guru
mengenai proses pembelajaran
3.
Peserta didik bersama bimbingan guru menyimpulkan
materi pembelajaran mengenai struktur teks observasi
4.
Peserta didik bersama guru saling berbagi pesan
menarik yang dialami selama
pembelajaran.
I.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Teknik
: Pengamatan, Penilaian diri,
Penilaian antarteman
b.
Bentuk
: Lembar Pengamatan
c.
Instrumen
1) Observasi
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Idris
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Penskoran :
4
= apabila selalu konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikap
3
= apabila sering konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikapdan
kadang-kadang tidak sesuai aspeksikap
2
= apabila kadang-kadang konsistenmenunjukkan
sikap sesuai aspeksikapdan
sering tidak sesuai aspeksikap
1 = apabila tidak pernah konsistenmenunjukkan sikap sesuai aspeksikap
Tulis angka sesuai dengan rubrik berikut!
Rubrik
|
Skor
|
Menunjukkan sikap tersebut
dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara terus-menerus.
|
4
|
Menunjukkan sikap tersebut
dalam melakukan kegiatan pembelajaran cukup sering
|
3
|
Menunjukkan sikap tersebut
dalam melakukan kegiatan pembelajaran masih sedikit
|
2
|
Sama sekali tidak menunjukkan
sikap tersebut dalam melakukan kegiatan pembelajaran
|
1
|
Penilaian
Antardiri
DAFTAR CEK PENILAIAN ANTARPESERTA
DIDIK
Nama
peserta didik yang dinilai :
...............
Kelas :
...............
Mata
pelajaran :
...............
Berilah
tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan
plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan perasaan
terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data
atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
b.
Teknik
: Unjuk kerja
c.
Bentuk
: Inti teks observasi
d.
Instrumen
1) Susunlah paragraf yang acak
menjadi teks observasi yang sistematis!
2)
Tentukan
struktur teks observasi tersebut dengan alasan yang tepat!
Lembar kerja
Nama :
Kelas :
Tugas
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
(1-4)
|
Nilai
|
Konversi
(nilai/100)
x 4
|
|
1)
|
Sistematis
|
Sesuai dengan
teks observasi
|
4
|
|
|
Kurang sesuai
dengan teks observasi
|
3
|
||||
Tidak sesuai
|
2
|
||||
Tidak sesuai dan
tulisan tidak rapi
|
1
|
||||
2)
|
Ketepatan mengklasifi-kasikan
struktur teks
|
Klasifikasi tepat dan lengkap
|
4
|
||
Struktur lengkap namun kurang
tepat
|
3
|
||||
Struktur kurang tepat dan
kurang lengkap
|
2
|
||||
Struktur tidak tepat dan tidak
lengkap
|
1
|
Nilai = skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
3. Penilaian
keterampilan
1.
Tenik
: Tes unjuk kerja
2.
Bentuk
: Tes uji petik kerja dan rubrik
3.
Instrumen
a. Temukan kata berimbuhan di dalam
contoh teks observasi dan tentukan afiks pada kata-kata berimbuhan tersebut!
b.
Tulislah
ide pokok pada paragraf di dalam teks observasi tersebut!
Rubrik
No.
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Isi
a. Lengkap
b. Kurang terperinci
c. Kurang lengkap
d. Tidak lengkap dan tidak
terperinci
|
4
3
2
1
|
Ejaan dan tanda
baca
a. Tidak ada yang salah
b. Beberapa kesalahan (1-5 bentuk
kesalahan)
c. Beberapa kesalahan (lebih dari
5 bentuk kesalahan)
d. Banyak yang salah
|
4
3
2
1
|
|
2.
|
Ketepatan
menentukan ide pokok
a.
Ide
pokok tepat dengan kalimat yang singkat dan jelas
b.
Ide
pokok tepat namun dengan kalimat ide pokok yang kurang tepat
c.
Ide
pokok kurang benar dan kalimat yang kurang tepat
d.
Ide
pokok tidak benar
|
4
3
2
1
|
Ejaan dan tanda
baca
a. Tidak ada yang salah
b. Beberapa kesalahan (1-5 bentuk
kesalahan)
c. Beberapa kesalahan (lebih dari
5 bentuk kesalahan)
d. Banyak yang salah
|
4
3
2
1
|
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik ( SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C
≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kepala SMP Negeri 2
Sajingan Besar
Urai Sumadi, S.Pd. Dian
Tri Lestari, S.Pd.
NIP NIP
19870314 201001 2 014
Komentar
Posting Komentar