RPP TEKS DESKRIPSI KD 3.2 DAN 4.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri 2 Sajingan Besar
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/semester :
VII/Semester Ganjil
Materi Pokok :
Teks Deskripsi
Alokasi Waktu :
2 Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toler- ansi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di seko- lah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
|
1. Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar;
|
2.
|
2.1
Memiliki
perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
|
1.
Terbiasa berinisiatif dalam bahasan memecahkan masalah;
2.
Terbiasa memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah;
3.
Terbiasa
toleran dalam memecahkan ma- salah;
4.
Terbiasa
membantu sejawat dalam mem- ecahkan
masalah;
5.
Terbiasa
menggunakan pilihan kata yang
menunjukkan sikap santun; Terbiasa
menggunakan ekspresi yang
menunjukkan sikap santun;
6.
Terbiasa
menggunakan pendapat pribadi dengan santun untuk menghargai budaya Indonesia
|
3.
|
3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan
|
1.
Mengidentifikasistruktur
teks deskriptif
2.
Mengidentifikasi
jenis teks deskriptif dengan teks observatif.
3.
Membedakan
struktur teks deskriptif dengan tes observatif.
|
4.
|
4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Mengidentifikasi
ciri fisik objek yang diamati
2.
Merumuskan
pokok-pokok informasi
3.
Menyusun
teks deksripsi dengan memperhatikan struktur tejs deskripsi
|
D.
Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap
1.
Terbiasa berinisiatif dalam bahasan memecahkan
masalah;
2.
Terbiasa memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah;
3.
Terbiasa
toleran dalam memecahkan masalah;
4.
Terbiasa
membantu sejawat dalam memecahkan
masalah;
5.
Terbiasa
menggunakan pilihan kata yang menunjukkan sikap santun;
6.
Terbiasa menggunakan ekspresi yang menunjukkan sikap
santun;
7.
Terbiasa
menggunakan gerture yang menunjukkan sikap santun;
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan ke-1
Setelah membaca sebuah cerpen,
peserta didik mampu
1.
Mengidentifikasistruktur
teks deskriptif
2.
Mengidentifikasi
jenis teks deskriptif dengan teks observatif.
3.
Menjelaskan
perbedaan struktur teks deskriptif dengan tes observatif.
Pertemuan ke-2
Setelah membaca cerpen, peserta
didik mampu
1.
Mengidentifikasi
ciri fisik objek yang diamati
2.
Merumuskan
pokok-pokok informasi
3.
Menyusun
teks deksripsi dengan memperhatikan struktur teks deskripsi
E.
Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Teks
deskripsi
2.
Teks
observasi
3.
Struktur
teks deskripsi
4. Kebiasaan bersikap percaya
diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi;
5. Kebiasaan bersikap peduli
dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat;
6. Kebiasaan bersikap santun
dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.
Pertemuan ke-2
1. Pokok-pokok informasi atau
kerangka karangan
2. Teks deskripsi
3. Kebiasaan bersikap percaya
diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi;
4. Kebiasaan bersikap peduli
dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat;
5. Kebiasaan bersikap santun
dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.
F.
Metode Pembelajaran
• Pendekatan
Saintitif (Scientific Approach)
• Model
Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
G.
Media, Alat, dan Sumber
1. Media Pembelajaran
a)
Model
: Teks observasi dan teks deskripsi
b)
Gambar
: Ilustrasi interior ruangan
c)
Lingkungan
sekolah
2. Alat dan bahan
a)
Daftar
identifikasi
b)
LKS
sederhana
3. Sumber Belajar
a)
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
b)
Depdikbud.
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. 2014.
Jakarta: Depdikbud.
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a)
Peserta
didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum
pembelajaran dimulai.
b)
Peserta
didik diajak pendidik membangun motivasi
mengenai cara belajar yang menyenangkan.
c)
Pendidik
menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
d)
Peserta
didik diberikan dorongan untuk menjelaskan perbedaan isi dan struktur teks
observasi dibandingkan dengan teks deskripsi secara lisan.
e)
Guru
menjelaskan bentuk tugas yang akan dilaksanakan peserta didik.
b. Kegiatan inti (100 menit)
1) Mengamati :
a)
Peserta
didik membentuk 4 kelompok
b)
Peserta
didik mengamati dua teks yang merupakan jenis contoh teks deskripsi dan observasi
c)
Peserta
didik diarahkan guru untuk mengamati perbedaan ciri dan struktur kedua teks
tersebut.
1)
Menanya
:
a.
Peserta
didik bertanya jawab untuk merumuskan perbedaan isi dan struktur dalam contoh teks observasi dengan teks deskripsi.
2) Mengumpulkan data
a)
Dengan
dipandu oleh guru, peserta didik mengelompokkan jenis teks yang diberikan tanpa
diberi tahu mengenai jenis kedua teks.
b)
Peserta
didik mengklasifikasikan perbedaan struktur teks observasi dan deksripsi
c)
Peserta
didik dengan percaya diri yang diwakili oleh 1-2 orang menyampaikan hasil
klasifikasi isi dan struktur kedua teks.
3) Mengumpulkan data
a)
Peserta
didik membuat formasi sesuai kelompok.
b)
Dengan
dipandu oleh guru, peserta didik mengelompokkan jenis teks yang diberikan
secara acak dalam bentuk powerpoint atau teks di dalam amplop.
c)
Peserta
didik secara berkelompok mengklasifikasikan struktur teks deskripsi yang telah
dikelompokkan. Untuk teks observasi, tidak dilakukan klasifikasi.
d)
Peserta
didik menyusun teks deskripsi yang acak tersebut menjadi paragraf yang
sistematis.
4) Menalar
a)
Peserta
didik merumuskan ide pokok setiap struktur teks deskripsi.
b)
Pesereta
didik membuat judul yang tepat untuk teks deskripsi.
c)
Peserta
didik bersama kelompoknya menuliskan simpulan akhir hasil diskusi kelompok
tentang ide pokok, struktur bentuk, dan judul teks.
5)
Mengomunikasikan
a)
Peserta
didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasil pekerjaannya dalam diskusi
kelas.
b)
Sementara
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain memberi komentar dan
menanggapi mengenai ketepatan hasil analisis serta cara kelompok
mempresentasikan hasil secara lisan.
c)
Peserta
didik dengan bimbingan pendidik membuat simpulan hasil diskusi menjadi
kesimpulan umum mengenai jenis teks, struktur, dan ide pokok teks deskripsi
yang benar.
c. Penutup (5 menit)
1)
Pendidik
dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru
berlangsung.
2)
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan jawaban yang benar dari soal yang diberikan
pada proses belajar hari ini.
3)
Guru
memberikan umpan balik kepada peserta didik mengenai proses pembelajaran hari
ini
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Peserta
didik dan guru berdoa bersama dengan dipimpin salah satu dari peserta didik.
2)
Peserta
didik bertanya jawab tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)
Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Mengamati :
a)
Peserta
didik membaca kembali teks deskripsi.
b)
Peserta
didik mengamati pokok-pokok pikiran pada struktur pendahuluan teks deskripsi
c)
Peserta
didik mengamati ciri-ciri fisik pada struktur bagian teks deskripsi
2) Menanya
a)
Peserta
didik dengan bimbingan pendidik bertanya jawab untuk mengingat kembali isi,
struktur bentuk, dan ciri bahasa teks deskripsi
b)
Peserta
didik berdiskusi mengenai struktur, ciri, dan isi teks-teks acak yang
diberikan.
3) Mengumpulkan data
a)
Peserta
didik mengamati setelah memilih gambar yang disediakan oleh guru atau memilih
objek nyata di sekitar sekolah.
b)
Peserta
mengidentifikasi ciri-ciri fisik objek yang diamati ke dalam tabel yang berisi
4-8 kotak.
4) Menalar
a)
Peserta
didik merumuskan ide pokok dalam jenis paragraf deduktif.
b)
Peserta
didik menyusun ide pokok menjadi stuktur pendahuluan teks deskripsi
c)
Peserta
didik menyusun ciri-ciri fisik yang diklasifikasikan dalam kotak menjadi
kalimat-kalimat yang efektif.
d)
Peserta
didik menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi struktur bagian teks
pendahuluan yang terdiri atas minimal 4 kalimat tiap paragraf.
5)
Mengomunikasikan
a)
Peserta
didik mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
b)
Sementara
itu, peserta didik yang lainnya memberikan penilaian terhadap hasil jawaban
peserta didik.
c)
Peserta
didik dengan bimbingan guru memberikan tanggapan terhadap hasil teks deskripsi
yang dibacakan.
c. Penutup (20 menit)
1)
Guru
dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru
berlangsung.
2)
Guru
memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
3)
Guru
memberikan umpan balik kepada peserta didik mengenai proses pembelajaran hari
ini
4)
Peserta
didik mengerjakan tugas remedial atau pengayaan yang menjadi tugas di rumah.
I.
Penilaian
1. Kompetensi sikap spiritual dan
sosial
a. Jenis/Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
c. Instrumen :
LEMBAR OBSERVASI
No.
|
Sikap/ Nilai
|
Indikator
|
Nilai
|
Konversi
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||
|
Menghargai dan
bersyukur kepada Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesi
|
·
Terbiasa
berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
|
|
|
|
|
Percaya diri
|
·
Terbiasa berinisiatif dalam bahasan memecahkan ma-
salah.
·
Terbiasa memberi pendapat dalam bahasan pemecahan
masalah.
|
|
|
|
|
Santun
|
·
Terbiasa
menggunakan pilihan kata dengan santun
·
Terbiasa
menggunakan ekspresi dengan santun.
·
Terbiasa
menggunakan gesture dengansantun.
|
|
|
|
Penskoran :
Jawaban YA = 1 TIDAK
= 0 Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor
akhir =
|
Skor
|
x 4
( skala 1 – 4 )
|
Skor
Tertinggi
|
Penilaian Diri
SIKAP JUJUR
NO
|
PERNYATAAN
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya menyontek saat mengerjakan ujian /
Ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika
menemukan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya
lakukan
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian / ulangan
tanpa melihat jawaban teman lain
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Petunjuk
: 4 =
Selalu ( apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan )
3 =
Sering (apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan )
2 =
Kadang-kadang (apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan)
1 =
Tidak Pernah (apabila tidak
pernah melakukan )
Skor
akhir =
|
Skor
|
x 4
( skala 1 – 4 )
|
Skor
Tertinggi
|
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Instrumen : Hasil
analisis mengenai perbedaan jenis, isi, dan strktur teks
Nama Kelompok
|
Jenis Kegiatan
|
Nilai
|
|||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
1
|
Membedakan jenis
teks
|
|
|
|
|
||
Menjelaskan
perbedaan struktur teks
|
|
|
|
|
|||
Menyimpulkan ide
pokok tiap paragraf
|
|
|
|
|
|||
Menulis judul yang
sesuai
|
|
|
|
|
|||
2.
|
Membedakan jenis
teks
|
|
|
|
|
||
Menjelaskan
perbedaan struktur teks
|
|
|
|
|
|||
Menyimpulkan ide
pokok tiap paragraf
|
|
|
|
|
|||
Menulis judul yang
sesuai
|
|
|
|
|
|||
3.
|
Membedakan jenis
teks
|
|
|
|
|
||
Menjelaskan
perbedaan struktur teks
|
|
|
|
|
|||
Menyimpulkan ide
pokok tiap paragraf
|
|
|
|
|
|||
Menulis judul yang
sesuai
|
|
|
|
|
|||
4.
|
Membedakan jenis
teks
|
|
|
|
|
||
Menjelaskan
perbedaan struktur teks
|
|
|
|
|
|||
Menyimpulkan ide
pokok tiap paragraf
|
|
|
|
|
|||
Menulis judul yang sesuai
|
|
|
|
|
|||
Tepat, penjelasan
logis, struktur sistematis = 4
Kurang tepat,
penjelasan logis/kurang logis, dan struktur sistematis = 3
Kurang tepat dan
penjelasan disampaikan masih belum lancar = 2
Tidak benar = 1
NILAI
=
|
JUMLAH
SKOR DIPEROLEH
|
X 100
|
SKOR
MAKSIMAL
|
3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen : Hasil Karya berupa teks
deskripsi
c. Instrumen :
Nama Siswa
|
Indikator
|
|||||||||||
Ketepatan Isi dan Struktur
|
EYD
|
Kepaduan Paragraf
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketepatan
Isi dan Struktur:
4
= pendahuluan tepat dan ciri-ciri fisik objek lengkap
3
= pendahuluan tepat dan ciri-ciri fisik objek kurang lengkap
2
= pendahuluan kurang tepat dan ciri-ciri fisik objek kurang lengkap
1
= pendahuluan tidak tepat dan ciri-ciri fisik objek tidak lengkap
EYD
:
4
= Sesuai EYD dan keefektifan kalimat
3
= Sesuai EYD dan keefektifan kalimat kurang tepat
2
= Kurang sesuai EYD dan keefektivan kalimat kurang tepat
1
= Tidak sesuai EYD dan keefektivan kalimat tidak tepat
Kepaduan
Paragraf :
4
= Terdapat kepaduan antarparagraf
3=
keterpaduan antarparagraf kurang
2
= keterpaduan antarparagraf dan antarkalimat kurang
1
= keterpaduan antarkalimat dna paragraf tidak tepat
NILAI
=
|
JUMLAH
SKOR DIPEROLEH
|
X 100
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kepala SMP Negeri 2
Sajingan Besar
Urai Sumadi, S.Pd. Dian
Tri Lestari, S.Pd.
NIP NIP
19870314 201001 2 014
Komentar
Posting Komentar