RPP TEKS DESKRIPSI KD 3.2 DAN 4.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                        : SMP Negeri 2 Sajingan Besar
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/semester             : VII/Semester Ganjil
Materi Pokok               : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu             : 2 Pertemuan (6 Jam Pelajaran)

A. Kompetensi Inti
 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toler- ansi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di seko- lah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.2     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.  Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia            dengan baik dan benar;
2.
2.1      Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna

1.    Terbiasa  berinisiatif dalam bahasan           memecahkan masalah;
2.    Terbiasa  memberi pendapat dalam bahasan  pemecahan masalah;
3.    Terbiasa toleran  dalam memecahkan ma- salah;
4.    Terbiasa membantu sejawat dalam mem- ecahkan  masalah;
5.    Terbiasa menggunakan pilihan kata yang              menunjukkan sikap santun; Terbiasa  menggunakan ekspresi yang            menunjukkan sikap santun;
6.    Terbiasa menggunakan pendapat pribadi dengan santun untuk menghargai budaya Indonesia
3.
3.2  Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
1.    Mengidentifikasistruktur teks deskriptif
2.    Mengidentifikasi jenis teks deskriptif dengan teks observatif.
3.    Membedakan struktur teks deskriptif dengan tes observatif.

4.
4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan
1.     Mengidentifikasi ciri fisik objek yang diamati
2.     Merumuskan pokok-pokok informasi
3.     Menyusun teks deksripsi dengan memperhatikan struktur tejs deskripsi

D. Tujuan Pembelajaran  
 Kompetensi Sikap
1.    Terbiasa  berinisiatif dalam bahasan memecahkan masalah;
2.    Terbiasa  memberi pendapat dalam bahasan  pemecahan masalah;
3.    Terbiasa toleran  dalam memecahkan masalah;
4.    Terbiasa membantu sejawat dalam memecahkan  masalah;
5.    Terbiasa menggunakan pilihan kata yang menunjukkan sikap santun;
6.    Terbiasa  menggunakan ekspresi yang menunjukkan sikap santun;
7.    Terbiasa menggunakan gerture yang menunjukkan sikap santun;
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan ke-1
Setelah membaca sebuah cerpen, peserta didik mampu
1.    Mengidentifikasistruktur teks deskriptif
2.    Mengidentifikasi jenis teks deskriptif dengan teks observatif.
3.    Menjelaskan perbedaan struktur teks deskriptif dengan tes observatif.
Pertemuan  ke-2
Setelah membaca cerpen, peserta didik  mampu
1.    Mengidentifikasi ciri fisik objek yang diamati
2.    Merumuskan pokok-pokok informasi
3.    Menyusun teks deksripsi dengan memperhatikan struktur teks deskripsi
E. Materi Pembelajaran 
Pertemuan ke-1
1.      Teks deskripsi
2.      Teks observasi
3.      Struktur teks deskripsi
4. Kebiasaan bersikap percaya diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi;
5. Kebiasaan bersikap peduli dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat;
6. Kebiasaan bersikap santun dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.
Pertemuan ke-2
1. Pokok-pokok informasi atau kerangka karangan
2. Teks deskripsi
3. Kebiasaan bersikap percaya diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi;
4. Kebiasaan bersikap peduli dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat;
5. Kebiasaan bersikap santun dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.
F.   Metode Pembelajaran
      Pendekatan Saintitif (Scientific Approach)
      Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
G.   Media, Alat, dan Sumber
1.  Media Pembelajaran
a)    Model : Teks observasi dan teks deskripsi
b)   Gambar : Ilustrasi interior ruangan
c)    Lingkungan sekolah
2. Alat dan bahan
a)    Daftar identifikasi
b)   LKS sederhana
3. Sumber Belajar
a)    Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
b)   Depdikbud. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. 2014. Jakarta: Depdikbud.

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  Pertama
a.        Kegiatan Pendahuluan   (15 menit)
a)         Peserta didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum pembelajaran dimulai.
b)        Peserta didik diajak pendidik  membangun motivasi mengenai cara belajar yang menyenangkan.
c)         Pendidik menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
d)        Peserta didik diberikan dorongan untuk menjelaskan perbedaan isi dan struktur teks observasi dibandingkan dengan teks deskripsi secara lisan.
e)         Guru menjelaskan bentuk tugas yang akan dilaksanakan peserta didik.
b.   Kegiatan inti (100 menit)
1) Mengamati :
a)        Peserta didik membentuk 4 kelompok
b)        Peserta didik mengamati dua teks yang merupakan jenis contoh teks deskripsi dan  observasi
c)        Peserta didik diarahkan guru untuk mengamati perbedaan ciri dan struktur kedua teks tersebut.
1)   Menanya :
a.         Peserta didik bertanya jawab untuk merumuskan perbedaan isi dan struktur dalam contoh  teks observasi dengan teks deskripsi.
2) Mengumpulkan data
a)        Dengan dipandu oleh guru, peserta didik mengelompokkan jenis teks yang diberikan tanpa diberi tahu mengenai jenis kedua teks.
b)        Peserta didik mengklasifikasikan perbedaan struktur teks observasi dan deksripsi
c)        Peserta didik dengan percaya diri yang diwakili oleh 1-2 orang menyampaikan hasil klasifikasi isi dan struktur kedua teks.
3) Mengumpulkan data
a)        Peserta didik membuat formasi sesuai kelompok.
b)        Dengan dipandu oleh guru, peserta didik mengelompokkan jenis teks yang diberikan secara acak dalam bentuk powerpoint atau teks di dalam amplop.
c)        Peserta didik secara berkelompok mengklasifikasikan struktur teks deskripsi yang telah dikelompokkan. Untuk teks observasi, tidak dilakukan klasifikasi.
d)        Peserta didik menyusun teks deskripsi yang acak tersebut menjadi paragraf yang sistematis.
4) Menalar
a)        Peserta didik merumuskan ide pokok setiap struktur teks deskripsi.
b)        Pesereta didik membuat judul yang tepat untuk teks deskripsi.
c)        Peserta didik bersama kelompoknya menuliskan simpulan akhir hasil diskusi kelompok tentang ide pokok, struktur bentuk, dan judul teks.


5) Mengomunikasikan
a)        Peserta didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasil pekerjaannya dalam diskusi kelas.
b)        Sementara kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain memberi komentar dan menanggapi mengenai ketepatan hasil analisis serta cara kelompok mempresentasikan hasil secara lisan.
c)        Peserta didik dengan bimbingan pendidik membuat simpulan hasil diskusi menjadi kesimpulan umum mengenai jenis teks, struktur, dan ide pokok teks deskripsi yang benar.
c.   Penutup (5 menit)
1)        Pendidik dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
2)        Peserta didik bersama guru menyimpulkan jawaban yang benar dari soal yang diberikan pada proses belajar hari ini.
3)        Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik mengenai proses pembelajaran hari ini
Pertemuan  Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
1)      Peserta didik dan guru berdoa bersama dengan dipimpin salah satu dari peserta didik.
2)      Peserta didik bertanya jawab tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
3)      Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Mengamati :
a)        Peserta didik membaca kembali teks deskripsi.
b)        Peserta didik mengamati pokok-pokok pikiran pada struktur pendahuluan teks deskripsi
c)        Peserta didik mengamati ciri-ciri fisik pada struktur bagian teks deskripsi
2) Menanya
a)        Peserta didik dengan bimbingan pendidik bertanya jawab untuk mengingat kembali isi, struktur bentuk, dan ciri bahasa teks deskripsi
b)        Peserta didik berdiskusi mengenai struktur, ciri, dan isi teks-teks acak yang diberikan.
3) Mengumpulkan data
a)        Peserta didik mengamati setelah memilih gambar yang disediakan oleh guru atau memilih objek nyata di sekitar sekolah.
b)        Peserta mengidentifikasi ciri-ciri fisik objek yang diamati ke dalam tabel yang berisi 4-8 kotak.
4) Menalar
a)        Peserta didik merumuskan ide pokok dalam jenis paragraf deduktif.
b)        Peserta didik menyusun ide pokok menjadi stuktur pendahuluan teks deskripsi
c)        Peserta didik menyusun ciri-ciri fisik yang diklasifikasikan dalam kotak menjadi kalimat-kalimat yang efektif.
d)        Peserta didik menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi struktur bagian teks pendahuluan yang terdiri atas minimal 4 kalimat tiap paragraf.
5) Mengomunikasikan
a)        Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
b)        Sementara itu, peserta didik yang lainnya memberikan penilaian terhadap hasil jawaban peserta didik.
c)        Peserta didik dengan bimbingan guru memberikan tanggapan terhadap hasil teks deskripsi yang dibacakan.
c. Penutup (20 menit)
1)      Guru dan peserta didik melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
2)      Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
3)      Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik mengenai proses pembelajaran hari ini
4)      Peserta didik mengerjakan tugas remedial atau pengayaan yang menjadi tugas di rumah.

I. Penilaian
1. Kompetensi sikap spiritual dan sosial
a. Jenis/Teknik Penilaian            : Observasi
b. Bentuk Instrumen       : Lembar observasi
c. Instrumen                   :
LEMBAR OBSERVASI

No.
Sikap/ Nilai
Indikator
Nilai
Konversi
Ya
Tidak

Menghargai dan bersyukur kepada Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesi
·        Terbiasa berdoa sebelum memulai pembelajaran
·        Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut




Percaya diri
·        Terbiasa  berinisiatif dalam bahasan memecahkan ma- salah.
·        Terbiasa  memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah.




Santun
·        Terbiasa menggunakan pilihan kata dengan santun
·        Terbiasa menggunakan ekspresi dengan santun.
·        Terbiasa menggunakan gesture dengansantun.




Penskoran  :    Jawaban  YA  =  1      TIDAK  =  0          Perhitungan skor akhir  menggunakan  rumus  :

Skor akhir  = 
Skor
x  4    ( skala 1 – 4 )
Skor Tertinggi


Penilaian Diri

SIKAP  JUJUR

NO
PERNYATAAN
TP
KD
SR
SL
1
   Saya menyontek saat mengerjakan ujian / Ulangan




2
   Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3
   Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
   Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan




5
   Saya mengerjakan soal ujian / ulangan tanpa melihat jawaban teman lain




JUMLAH  SKOR





       Petunjuk  :  4  =   Selalu  ( apabila selalu melakukan sesuai pernyataan )
                        3  =   Sering  (apabila selalu melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan )
                        2  =   Kadang-kadang  (apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan)
                        1  =   Tidak Pernah  (apabila tidak pernah melakukan )
Skor akhir  = 
Skor
x  4    ( skala 1 – 4 )
Skor Tertinggi

2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian                         : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen                       :  Uraian
c. Instrumen                                    : Hasil analisis mengenai perbedaan jenis, isi, dan strktur teks
Nama Kelompok
Jenis Kegiatan
Nilai
4
3
2
1
1.      1
Membedakan jenis teks




Menjelaskan perbedaan struktur teks




Menyimpulkan ide pokok tiap paragraf




Menulis judul yang sesuai




2.       
Membedakan jenis teks




Menjelaskan perbedaan struktur teks




Menyimpulkan ide pokok tiap paragraf




Menulis judul yang sesuai




3.       
Membedakan jenis teks




Menjelaskan perbedaan struktur teks




Menyimpulkan ide pokok tiap paragraf




Menulis judul yang sesuai




4.       
Membedakan jenis teks




Menjelaskan perbedaan struktur teks




Menyimpulkan ide pokok tiap paragraf




Menulis judul yang sesuai













Tepat, penjelasan logis, struktur sistematis  = 4
Kurang tepat, penjelasan logis/kurang logis, dan struktur sistematis = 3
Kurang tepat dan penjelasan disampaikan masih belum lancar = 2
Tidak benar = 1
NILAI =
JUMLAH SKOR DIPEROLEH
X 100
SKOR MAKSIMAL


3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian                         : Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen                       : Hasil Karya berupa teks deskripsi
c. Instrumen                                    :
Nama Siswa
Indikator
Ketepatan Isi dan Struktur
EYD
Kepaduan Paragraf
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.       



















































Ketepatan Isi dan Struktur:
4 = pendahuluan tepat dan ciri-ciri fisik objek lengkap
3 = pendahuluan tepat dan ciri-ciri fisik objek kurang lengkap
2 = pendahuluan kurang tepat dan ciri-ciri fisik objek kurang lengkap
1 = pendahuluan tidak tepat dan ciri-ciri fisik objek tidak lengkap

EYD :
4 = Sesuai EYD dan keefektifan kalimat
3 = Sesuai EYD dan keefektifan kalimat kurang tepat
2 = Kurang sesuai EYD dan keefektivan kalimat kurang tepat
1 = Tidak sesuai EYD dan keefektivan kalimat tidak tepat

Kepaduan Paragraf :
4 = Terdapat kepaduan antarparagraf
3= keterpaduan antarparagraf kurang
2 = keterpaduan antarparagraf dan antarkalimat kurang
1 = keterpaduan antarkalimat dna paragraf tidak tepat

NILAI =
JUMLAH SKOR DIPEROLEH
X 100
SKOR MAKSIMAL




































Mengetahui,                                                                 Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kepala SMP Negeri 2 Sajingan Besar


Urai Sumadi, S.Pd.                                                       Dian Tri Lestari, S.Pd.
NIP                                                                              NIP 19870314 201001 2 014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL