KISI-KISI PAS BAHASA INDONESIA GANJIL 2019-2020 KELAS 7, 8, 9
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Penyusun : MGMP
Kurikulum : 2013
Alokasi
Waktu : 120 menit
Kelas : VII (tujuh)
Jumlah
Soal : 50
soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
Kunci
|
Tingkat Kesukaran
|
|||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
||||
3.1.
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·
tujuan pada teks deskripsi
tersebut
·
penggunaan huruf kapital yang tepat pada teks tersebut
Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan penggunaan
majas perbandingan pada teks tersebut
|
1
2
3
|
√
√
√
|
||||
4.1.
Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas
seni daerah, kain tradisional, dll.) yang didengar dan dibaca
|
Disajikan kutipan teks
deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·
isi teks deskripsi
|
4
|
√
|
||||
3.2.
Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca.
|
Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·
objek yang dideskripsikan
·
struktur teks deskripsi
·
kalimat yang menunjukkan
panca indera seakan dapat dilihat
Disajikan kutipan teks
deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·
bagian penutup teks
·
jenis pengembangan deskripsi bagian
Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik
dapat menentukan:
·
paragraf yang tepat untuk melengkapi
bagian struktur teks yang dirumpangkan
Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan
penggunaan kata dasar ‘k,p.t,s’ dengan tepat
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan perbaikan
kesalahan letak kata depan dan huruf kapital pada
kalimat
Disajikan sebuah kalimat,
peserta didik dapat menentukan kata baku pada kalimat dengan tepat
Disajikan sebuah kalimat,
peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan tanda baca.
|
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
√
√
|
√
√
|
√
√
√
√
√
√
|
||
3.3.Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi
(cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
Disajikan
kutipan teks narasi (cerita imajinasi), peserta didik dapat menentukan:
·
ciri tokoh disertai buktinya.
·
latar dalam kutipan cerita
·
tema cerita imajinasi
·
amanat dalam cerita tersebut
·
jenis cerita imajinasi
|
15
16
17
18
19
|
√
√
√
√
√
|
||||
4.3. Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
imajinasi) yang didengar dan dibaca.
|
Disajikan
kutipan teks narasi (cerita imajinasi), peserta didik dapat menentukan :
·
simpulan watak tokoh cerita.
·
simpulan urutan cerita imajinasi/fantasi
Disajikan kutipan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan:
·
Sudut pandang
cerita imajinasi/fantasi
|
20
21
22
|
√
√
√
|
||||
3.4. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi
(cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
|
Disajikan
beberapa struktur teks, peserta didik dapat menentukan strukrut teks narasi
dengan tepat.
·
Struktur cerita
imajinasi/fantasi
Disajikan teks
narasi (cerita imajiasi), peserta didik dapat menentukan:
·
simpulan karakteristik bagian
orientasi.
·
perbaikan diksi yang salah.
Disajikan kutipan teks narasi (cerita imajinasi/fantasi), peserta
didik dapat menentukan:
·
perbaikan kalimat dialog yang salah.
·
Penggunaan
kalimat langsung dengan tepat
Disajikan empat
buah kalimat, peserta didik dapat menentukan:
·
kalimat yang menggunakan kata sambung
penanda urutan waktu
·
kalimat yang menggunakan kata/ungkapan
keterkejutan
|
23
24
25
26
27
28
29
|
√
√
|
√
√
√
√
√
|
|||
3.5. Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah,
cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang di baca dan
didengar.
|
Disajikan
beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan:
·
ciri umum teks prosedur dari segi isi.
·
kalimat sebagai ciri teks prosedur.
|
30
31
|
√
√
|
||||
4.5. Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara
memainkan alat musik daerah, cara membuat cideramata, dan/atau kuliner khas
daerah) yang dibaca dan didengar.
|
Disajikan
kutipan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan:
·
simpulam isi teks.
·
pernyataan isi teks prosedur.
|
32
33
|
√
√
|
||||
3.6. Menelaah struktur dan aspek kebaha-saan teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
Disajikan teks
prosedur, peserta didik dapat menentukan:
·
struktur teks prosedur dengan tepat.
·
penggunaan kata penghubung yang tepat
·
kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian struktur teks yang dirumpangkan.
·
perbaikan kesalahan penggunaan kata.
·
perbaikan dengan pelesapan pada
kalimat.
·
perbaikan kesalahan penggunaan ejaan
(huruf kapital dan tanda baca)
|
34
35
36
37
38
39
|
√
√
|
√
√
√
√
|
|||
3.7. Mengidentifikasi informasi dari teks laporan
hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
|
Disajikan teks
laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan:
·
simpulan ciri umum teks laporan hasil
observasi
·
kata/istilah sebagai ciri teks laporan
hasil observasi
|
40
41
|
√
√
|
||||
4.7. Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar.
|
Disajikan
kutipan teks laporan hsil observasi, peserta didik dapat menentukan:
·
gagasan pokoknya.
·
informasi rinci objek/hal dalam teks.
·
arti istilah dalam teks.
|
42
43
44
|
√
√
√
|
||||
3.8. Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuannyang dibaca atau
diperdengarkan.
|
Disajikan teks
laporan hasil observasi dan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·
perbedaan teks laporan hasil observasi
dan teks deskripsi.
·
kalimat simpulan dalam isi teks laporan
hasil observasi
·
struktur teks yang tepat untuk
melengkapi bagian teks yang dirumpangkan.
·
perbaikan kesalahan penggunaan kata.
·
perbaikan kesalahan penggunaan kalimat
tidak efektif
Disajikan teks , peserta dapat menentukan perbaikan
kesalahan penggunaan ejaan (huruf kapital)
|
45
46
47
48
49
50
|
√
√
√
√
√
√
|
KISI-KISI ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : VIII/1
Jumlah
Soal : 50
Bentuk
Soal : PG
Penyusun : TIM MGMP Bahasa Indonesia
Kurikulum
: K 13
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
LEVEL
KOGNITIF
|
TINGKAT
KESULITAN
|
NO.
SOAL
|
|||||||
L 1
|
L 2
|
L 3
|
MD
|
SD
|
SK
|
||||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||||||
1
|
3.1Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan
dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
1.
Unsur-unsur teks berita (adiksimba)
|
§ Disajikan sebuah teks
berita,
peserta didik dapat menentukan:
1. unsur siapa
2. unsur di mana
|
√
|
√
|
1- 2
|
|||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat dalam berita.
|
√
|
√
|
3
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian kedua teks tersebut.
|
√
|
√
|
4
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
|
√
|
√
|
5
|
||||||||||
2
|
4.1
Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan
didengar.
|
1. menyimpulkan
isi berita
|
§ Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik dapat menentukan
kalimat utama dalam teks tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
6
|
|||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan simpulan yang tepat untuk berita tersebut.
|
√
|
√
|
7
|
||||||||||
2. tanggapan
terhadap isi berita
|
§ Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai isi berita tersebut.
|
√
|
√
|
8
|
|||||||||
3
|
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca
berita
|
1. struktur
teks berita
|
§ Disajikan kutipan teks berita,
peserta
didik dapat menentukan bagian
struktur berita teks tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
9
|
|||||||
2. kaidah
kebahasaan teks berita
|
§ Disajikan
kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
√
|
√
|
10
|
|||||||||
4
|
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
kinesik)
|
Menulis berita
|
§ Disajikan
beberapa data, peserta didik dapat menentukan paragraf teks berita yang
tepat.
|
√
|
√
|
11
|
|||||||
5
|
3.3 3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau
poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar.
|
1. mengidentifikasi
iklan, slogan, dan poster
|
§ Disajikan
sebuah slogan, peserta didik dapat
menentukan makna slogan tersebut.
|
√
|
√
|
12
|
|||||||
2. Unsur-unsur
teks iklan, slogan, dan poster
|
§ Peserta
didik dapat menentukan yang bukan
fungsi iklan.
|
√
|
√
|
13
|
|||||||||
§ Disajikan
sebuah iklan, peserta
didik dapat menentukan jenis
iklan tersebut.
|
√
|
√
|
14
|
||||||||||
6
|
4.3Menyimpulkan
isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai
sumber
|
Penyimpulan maksud suatu iklan, slogan, dan poster
|
§ Peserta
didik dapat menentukan slogan yang
sesuai dengan tema.
|
√
|
√
|
15
|
|||||||
§ Disajikan
sebuah iklan, peserta didik dapat menentukan pihak tertuju dalam iklan tersebut.
|
√
|
√
|
16
|
||||||||||
7
|
3.4Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
1. Pola-pola
penyajian iklan
|
§ Disajikan sebuah
ilustrasi,
peserta didik dapat menentukan iklan baris yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut.
|
√
|
√
|
17
|
|||||||
2. Struktur
teks iklan
|
§ Disajikan
sebuah iklan rumpang, peserta didik dapat menentukan penulisan alamat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut.
|
√
|
√
|
18
|
|||||||||
§ Disajikan sebuah
struktur iklan secara acak , peserta didik dapat menentukan urutan struktur iklan dengan benar
|
√
|
√
|
19
|
||||||||||
8
|
4.4 Menyajikan
gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
|
Menulis iklan, slogan. Atau poster
|
·
Disajikan
langkah-langkah menulis iklan secara acak, peserta didik dapat menentukan
urutan penulisan iklan
yang tepat.
|
√
|
√
|
20
|
|||||||
9
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks
eksposisiberupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan
dibaca
|
1. Unsur-unsur
teks eksposisi (gagasan dan fakta)
|
§ Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut.
|
√
|
√
|
21
|
|||||||
2. Pola-pola
pengembangan teks eksposisi
|
§ Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pola pengembangan paragraf tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
22
|
|||||||||
10
|
4.5
Menyimpulkan isi teks eksposisi
(artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.
|
1. gagasan
umum dan gagasan khusus
|
§
Disajikan
sebuah paragraf,
peserta didik dapat menentukan gagasan
utama dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
23
|
|||||||
2.
simpulan isi teks eksposisi
|
§ Disajikan
sebuah teks eksposisi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
24
|
|||||||||
11
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
|
1.
Struktur teks eksposisi
|
§ Disajikan
susunan struktur, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksposisi berdasarkan dengan urutan yang tepat.
|
√
|
√
|
25
|
|||||||
§
Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik
dapat menentukan bagian struktur dari
teks tersebut.
|
√
|
√
|
26
|
||||||||||
2.
Kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
§
Disajikan sebuah kutipan teks, peserta didik dapat
menentukan pronomina (kata benda)
yang terdapat dalam kutipan.
|
√
|
√
|
27
|
|||||||||
§ Disajikan
sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
√
|
√
|
28
|
||||||||||
12
|
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi berupayang
artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, aspek lisan
|
1. Menulis
teks eksposisi
|
§ Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut.
|
√
|
√
|
29
|
|||||||
2. Menyunting
teks eksposisi
|
§ Disajikan
beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat yang benar.
|
√
|
√
|
30
|
|||||||||
13
|
3.7
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan
atau dibaca.
|
Unsur-unsur
pembentuk puisi
|
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan tema puisi dengan tepat.
|
√
|
√
|
31
|
|||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan apa yang dilukiskan/digambarkan dalam kutipan puisi tersebut
dengan tepat.
|
√
|
√
|
32
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan ungkapan
perasaan yang ada dalam puisi tersebut.
|
√
|
√
|
33
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan amanat puisi tersebut.
|
√
|
√
|
34
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan jenis majas dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
35
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata konotasi dalam puisi tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
36
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan citraan yang digunakan dalam puisi tersebut.
|
√
|
√
|
37
|
||||||||||
14
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan
makna teks puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
1. Penyimpulan
isi puisi
2. Jenis-jenis
puisi
|
§ Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menyimpulkan makna kata dalam puisi dengan tepat.
|
√
|
√
|
38
|
|||||||
§ Disajikan
sebuah puisi, peserta didik dapat menentukan jenis puisi tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
39
|
||||||||||
15
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
|
Unsur
fisik dan unsur batin puisi
|
§
Disajikan
kutipan puisi,
peserta didik dapat menentukan sikap
penyair terhadap permasalahan yang terdapat dalam puisi.
|
√
|
√
|
40
|
|||||||
16
|
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat
dalam bentuk teks puisi secara tulis/
lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
Menulis
puisi
|
§
Disajikan
sebait puisi rumpang,
peserta didik dapat melengkapi bait puisi yang
rumpang tersebut dengan pilihan kata yang tepat.
|
√
|
√
|
41
|
|||||||
17
|
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara
tertulis.
|
1. Memahami
isi teks eksplanasi
|
§ Disajikan sebuah
paragraf teks eksplanasi, peserta
didik dapat menentukan masalah yang
dibahas dalam paragraf tersebut.
|
√
|
√
|
42
|
|||||||
§ Disajikan beberapa
penggalan paragraf,
peserta didik dapat menentukan paragraf yang merupakan teks eksplanasi
|
√
|
√
|
43
|
||||||||||
§ Disajikan
sebuah kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan fenomena yang dibicarakan dalam
kutipan tersebut (alam/sosial/budaya)
|
√
|
√
|
44
|
||||||||||
18
|
4.9 Meringkas isi
teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber yang didengar dan dibaca
.
|
Membuat ringkasan
|
§ Disajikan
sebuah kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan gagasan umum paragraf tersebut dengan
tepat.
|
√
|
√
|
45
|
|||||||
§ Disajikan dua
atau tiga paragraph teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan
ringkasan yang tepat.
|
√
|
√
|
46
|
||||||||||
19
|
3.10 Menelaah teks eksplanasi
berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.
|
1. Struktur
teks eksplanasi
|
§ Disajikan sebuah
tabel, peserta didik dapat menentukan struktur
teks eksplanasi dengan lengkap dan urutan yang benar.
|
√
|
√
|
47
|
|||||||
2. Unsur
kebahsaan teks eksplanasi
|
§ Disajikan
sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan konjungsi kronologis yang tepat
|
√
|
√
|
48
|
|||||||||
§ Disajikan
sebuah paragraf, peserta didikdapat menentukan makna kata teknis/istilah dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
√
|
√
|
49
|
||||||||||
20
|
4.10 Menyajikan informasi, data
dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan
dan tulisdengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
Menulis teks eksplanasi
|
§ Disajikan beberapa kalimat , peserta didik dapat menyusun
kalimat tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf teks eksplanasi yang padu.
|
√
|
√
|
50
|
Ketua
MGMP Bahasa Indonesia,
AZIZA, S. Pd
NIP.
19671008 198902 2005
Komentar
Posting Komentar