KISI-KISI PAS BAHASA INDONESIA GANJIL 2019-2020 KELAS 7, 8, 9


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mata pelajaran        : Bahasa Indonesia                                          
Penyusun  : MGMP
Kurikulum         : 2013                                                               
Alokasi Waktu         : 120 menit
Kelas        : VII (tujuh)                                                                       
Jumlah Soal                               : 50 soal

Kompetensi  Dasar
Indikator Soal
No Soal
Kunci
Tingkat Kesukaran
C1
C2
C3
C4
3.1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana  pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         tujuan  pada teks deskripsi tersebut
·         penggunaan huruf  kapital yang tepat pada teks tersebut

Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan penggunaan majas perbandingan pada teks tersebut



1
2

3

















4.1. Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll.) yang didengar dan dibaca

Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         isi teks deskripsi



4
















3.2. Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         objek yang dideskripsikan
·         struktur teks deskripsi
·         kalimat yang menunjukkan panca indera seakan dapat dilihat

Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         bagian penutup teks
·         jenis pengembangan deskripsi bagian

Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         paragraf yang tepat untuk melengkapi bagian struktur teks yang dirumpangkan

Disajikan kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan penggunaan kata dasar ‘k,p.t,s’ dengan tepat

Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan letak kata depan dan huruf kapital pada kalimat

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan kata baku  pada kalimat dengan tepat

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan tanda baca.



5
6
7




8
9



10



11


12


13


14















































































3.3.Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
Disajikan kutipan teks narasi (cerita imajinasi), peserta didik dapat menentukan:
·         ciri tokoh disertai buktinya.
·         latar dalam kutipan cerita
·         tema cerita imajinasi
·         amanat dalam cerita tersebut
·         jenis cerita imajinasi


15
16
17
18
19














4.3. Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca.
Disajikan kutipan teks narasi (cerita imajinasi), peserta didik dapat menentukan :
·         simpulan watak tokoh cerita.
·         simpulan urutan cerita imajinasi/fantasi

Disajikan kutipan teks cerita fantasi, peserta didik dapat menentukan:
·         Sudut pandang cerita imajinasi/fantasi




20
21



22
















3.4. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
Disajikan beberapa struktur teks, peserta didik dapat menentukan strukrut teks narasi dengan tepat.
·         Struktur cerita imajinasi/fantasi

Disajikan teks narasi (cerita imajiasi), peserta didik dapat menentukan:
·         simpulan karakteristik bagian orientasi.
·         perbaikan diksi yang salah.

Disajikan kutipan teks narasi (cerita imajinasi/fantasi), peserta didik dapat menentukan:
·         perbaikan kalimat dialog yang salah.
·         Penggunaan kalimat langsung dengan tepat

Disajikan empat buah kalimat, peserta didik dapat menentukan:
·         kalimat yang menggunakan kata sambung penanda urutan waktu
·         kalimat yang menggunakan kata/ungkapan keterkejutan 




23


24
25



26
27



28

29






































































3.5. Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang di baca dan didengar.

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan:
·         ciri umum teks prosedur dari segi isi.
·         kalimat sebagai ciri teks prosedur.




30
31















4.5. Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, cara membuat cideramata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar.

Disajikan kutipan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan:
·         simpulam isi teks.
·         pernyataan isi teks prosedur.



32
33









3.6. Menelaah struktur dan aspek kebaha-saan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menentukan:
·         struktur teks prosedur dengan tepat.
·         penggunaan kata penghubung yang tepat
·         kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian struktur teks yang dirumpangkan.
·         perbaikan kesalahan penggunaan kata.
·         perbaikan dengan pelesapan pada kalimat.
·         perbaikan kesalahan penggunaan ejaan (huruf kapital dan tanda baca)


34
35
36

37
38

39














3.7. Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan:
·         simpulan ciri umum teks laporan hasil observasi
·         kata/istilah sebagai ciri teks laporan hasil observasi



40
41













4.7. Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar.
Disajikan kutipan teks laporan hsil observasi, peserta didik dapat menentukan:
·         gagasan pokoknya.
·         informasi rinci objek/hal dalam teks.
·         arti istilah dalam teks.



42
43
44















3.8. Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuannyang dibaca atau diperdengarkan.
Disajikan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan:
·         perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi.
·         kalimat simpulan dalam isi teks laporan hasil observasi
·         struktur teks yang tepat untuk melengkapi bagian teks yang dirumpangkan.
·         perbaikan kesalahan penggunaan kata.
·         perbaikan kesalahan penggunaan kalimat tidak efektif
Disajikan teks , peserta dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan ejaan (huruf kapital)


45

46
47

48
49
50














KISI-KISI ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        : VIII/1
Jumlah Soal               : 50
Bentuk Soal               : PG
Penyusun                   : TIM MGMP Bahasa Indonesia
Kurikulum                 : K 13

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
LEVEL KOGNITIF
TINGKAT KESULITAN
NO.
SOAL
L 1
L 2
L 3
MD
SD
SK
C1
C2
C3
C4
C5
C6



1
3.1Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
1.     Unsur-unsur teks berita (adiksimba)




§  Disajikan sebuah teks berita, peserta didik dapat menentukan:
1.  unsur siapa
2.  unsur di mana























1- 2




§  Disajikan sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat dalam berita.
















3


§  Disajikan sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian kedua teks tersebut.















4


§  Disajikan sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
















5      




2
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
1.      menyimpulkan isi berita






§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat utama  dalam teks tersebut dengan tepat.



















6



§  Disajikan sebuah kutipan berita, peserta didik dapat menentukan simpulan yang tepat untuk berita tersebut.
















7



2.      tanggapan terhadap isi berita

§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai isi berita tersebut.









8
3
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita
1.      struktur teks berita



§  Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan bagian struktur berita teks tersebut dengan tepat.















9



2.      kaidah kebahasaan teks berita
§  Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.















10



4
4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik)
Menulis berita




§  Disajikan beberapa data, peserta didik dapat menentukan paragraf  teks berita yang tepat.
















11
5
3.3    3.3 Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

1.      mengidentifikasi iklan, slogan, dan poster


§  Disajikan sebuah slogan, peserta didik dapat menentukan makna slogan tersebut.



















12



2.      Unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster
§  Peserta didik dapat menentukan yang bukan fungsi iklan.











13

§  Disajikan sebuah iklan, peserta didik dapat menentukan jenis iklan tersebut.









14
6
4.3Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
Penyimpulan maksud suatu iklan, slogan, dan poster
§  Peserta didik dapat menentukan slogan yang sesuai dengan tema.















15


§  Disajikan sebuah iklan, peserta didik dapat menentukan pihak tertuju dalam iklan tersebut.











16


7
3.4Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

1.      Pola-pola penyajian iklan




§  Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan  iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.





































17





2.      Struktur teks iklan


§  Disajikan sebuah iklan rumpang, peserta didik dapat menentukan penulisan alamat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut.




























18




§  Disajikan sebuah struktur iklan secara acak , peserta didik dapat menentukan urutan struktur iklan dengan benar




















19
8
4.4   Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis.
Menulis iklan, slogan. Atau poster
·     Disajikan langkah-langkah menulis iklan secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan  penulisan iklan yang   tepat.









20
9
3.5  Mengidentifikasi informasi teks eksposisiberupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca

1.      Unsur-unsur teks eksposisi (gagasan dan fakta)


§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut.

















21




2.      Pola-pola pengembangan teks eksposisi
§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pola pengembangan paragraf tersebut dengan tepat.











22
10
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.
1.      gagasan umum dan gagasan khusus



§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama dalam paragraf tersebut dengan tepat.



















23




2.      simpulan isi teks eksposisi
§  Disajikan sebuah teks eksposisi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks tersebut dengan tepat.









24
11








3.6  Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca



1.      Struktur teks eksposisi






§  Disajikan susunan struktur, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksposisi berdasarkan dengan urutan yang tepat.




















25



§  Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan bagian struktur dari teks tersebut.















26



2.      Kaidah kebahasaan teks eksposisi
§  Disajikan sebuah kutipan teks, peserta didik dapat menentukan pronomina (kata benda) yang terdapat dalam kutipan.









27
§  Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.









28
12
4.6  Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupayang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
1.      Menulis teks eksposisi


§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut.













29



2.      Menyunting teks eksposisi
§  Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan penulisan  kalimat yang benar.














30
13
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.














Unsur-unsur pembentuk puisi

















§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan tema puisi dengan tepat.











31


§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan apa yang dilukiskan/digambarkan dalam kutipan puisi tersebut dengan tepat.
















32




§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan  ungkapan perasaan yang ada dalam puisi tersebut.













33



§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan amanat puisi tersebut.











34


§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan jenis majas dalam kutipan tersebut dengan tepat.














35



§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata konotasi dalam puisi tersebut dengan tepat.













36


§  Disajikan sebuah kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan citraan yang digunakan dalam puisi tersebut.












37


14
4.7  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca
1.      Penyimpulan isi puisi

2.      Jenis-jenis puisi
§  Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menyimpulkan makna kata dalam puisi dengan tepat.















38



§  Disajikan sebuah puisi, peserta didik dapat menentukan jenis puisi tersebut dengan tepat.










39

15
3.8  Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.

Unsur fisik  dan unsur batin puisi
§ Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan sikap penyair terhadap permasalahan yang terdapat dalam puisi.










40
16
4.8  Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
Menulis puisi
§ Disajikan sebait puisi rumpang, peserta didik dapat melengkapi bait puisi yang rumpang tersebut dengan pilihan kata yang tepat.









41
17
3.9  Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.

1.   Memahami isi teks eksplanasi



§  Disajikan sebuah paragraf  teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut.















 42




§  Disajikan beberapa penggalan paragraf, peserta didik dapat menentukan  paragraf yang merupakan teks eksplanasi















43



§  Disajikan sebuah kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan fenomena yang dibicarakan dalam kutipan tersebut (alam/sosial/budaya)









44
18
4.9 Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca .
Membuat ringkasan
§  Disajikan sebuah kutipan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan gagasan umum paragraf tersebut dengan tepat.
















45





§  Disajikan dua atau tiga paragraph teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan ringkasan yang tepat.










46
19
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

1.      Struktur teks eksplanasi


§  Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksplanasi dengan lengkap dan urutan yang benar.






















47



2.      Unsur kebahsaan teks eksplanasi
§  Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan konjungsi kronologis yang tepat


















48



§  Disajikan sebuah paragraf, peserta didikdapat menentukan makna kata teknis/istilah dalam paragraf  tersebut dengan tepat.













49
20
4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulisdengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Menulis teks eksplanasi
§  Disajikan beberapa kalimat , peserta didik dapat menyusun kalimat tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf  teks eksplanasi yang padu.















50


                                                            Ketua MGMP Bahasa Indonesia,

  AZIZA, S. Pd
      NIP. 19671008 198902 2005




 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELAS IX, SENIN-KAMIS, 28-32 OKTOBER 2019

RPP DAN LKPD PEMBELAJARAN KOMBINASI LURING DAN DARING BAHASA INDONESIA TEKS PERCOBAAN (KD 3.1 DAN 4.1) KELAS 9 SEMESTER GANJIL